Bisnis Internet

Menghasilkan uang dari internet

GOOGLE

Translate

Artikel Bisnis

03 October 2008

SEKILAS MENGENAI UANG

Sulit membayangkan apabila dunia tanpa uang, sekarang setiap negara mempunyai uang sendiri. Sejarah menjangkau jauh semua catatan tertulis yang paling awal mengenai kegiatan manusia. Apa sebenarnya benda yang dinamakan uang itu? Uang dapat berupa banyak hal yang berbeda-beda. Bagi kebanyakan orang, uang dapat berupa uang-logam, uang-kertas, dan kartu plastik. Untuk beberapa orang pada masa yang belum lama berlalu, uang dibuat dari bulu, batu, manik-manik, dan kerang. Karena benda itulah yang berharga menurut mereka. Apa yang membenarkan kami bahwa semua benda itu sama dengan uang. Hal itu disebabkan karena semua benda itu merupakan sarana pembayaran yang dapat diterima dan diakui, termasuk pula uang yang tak dapat kau lihat atau rasakan - uang yang disimpan dalam arsip komputer bank tetapi dapat dibelanjakan dengan cara yang sama seperti uang logam atau uang kertas dalam saku bajumu.
SEKILAS MENGENAI UANG

Sulit membayangkan apabila dunia tanpa uang, sekarang setiap negara mempunyai uang sendiri. Sejarah menjangkau jauh semua catatan tertulis yang paling awal mengenai kegiatan manusia. Apa sebenarnya benda yang dinamakan uang itu? Uang dapat berupa banyak hal yang berbeda-beda. Bagi kebanyakan orang, uang dapat berupa uang-logam, uang-kertas, dan kartu plastik. Untuk beberapa orang pada masa yang belum lama berlalu, uang dibuat dari bulu, batu, manik-manik, dan kerang. Karena benda itulah yang berharga menurut mereka. Apa yang membenarkan kami bahwa semua benda itu sama dengan uang. Hal itu disebabkan karena semua benda itu merupakan sarana pembayaran yang dapat diterima dan diakui, termasuk pula uang yang tak dapat kau lihat atau rasakan - uang yang disimpan dalam arsip komputer bank tetapi dapat dibelanjakan dengan cara yang sama seperti uang logam atau uang kertas dalam saku bajumu.

AWAL MULA MUNCULNYA UANG

Tidak diketahui secara tepat kapan uang digunakan pertama kali. Arsip tertulis yang paling tua menyebutkan bahwa uang berasal dari Mesopotamia kuno (sekarang di bagian selatan Irak), kira-kira 4500 tahun yang lalu. Prasasti-prasasti berbentuk baji atau tulisan huruf paku. Mesopotamia kuno memberikan pembayaran-pembayaran yang diadakan dengan jumlah-jumlah perak yang ditimbang. Sejak itu lalu jumlah-jumlah logam yang ditimbang digunakan sebagai uang di beberapa bagian dunia, dan kebiasaan ini menyebabkan penemuan uang logam.

UANG PURBA

Seberat bata, seringan bulu merupakan dasar nilai uang pada masa purba. Ada banyak bentuk "uang". Uang-uang purba sebagian besar memang berwujud dan berbentuk aneh, misalnya uang batu yang besarnya lebih besar daripada ban truk hingga tingginya bila dibuat tegak berdiri kurang lebih sedada manusia dewasa atau bahkan lebih. Uang purba raksasa yang terbuat dari batu ini ditemukan di kepulauan Pasifik dan diduga merupakan peninggalan manusia-manusia jaman purba dulu. Diameter uang purba ini bisa mencapai hingga 4 meter. Ada juga berbagai jenis uang purba lainnya, seperti alat pembayaran purba bangsa Meksiko yang menggunakan mata kampak sebagai alat tukar atau pembayaran pada jaman itu. Bangsa Ethiopia kuno bahkan menggunakan garam berbentuk lempengan panjang sebagai alat pembayaran atau uang pada jaman itu. Bangsa-bangsa kuno yang pernah mendiami kepulauan Pasifik konon bahkan menggunakan uang yang terbuat dari gulungan kulit yang panjangnya bisa mencapai 10 meter bila gulungan itu diurai. Ada pula yang menggunakan kulit cangkang kerang sebagai alat pembayaran atau uang pada jaman dulu. Memang, pada beberapa masyarakat suku-bangsa, pembayaran dilakukan dengan benda yang nilainya diakui. Misalnya, perhiasan dari kerang, alat-alat seperti pacul/cangkul, bahan makanan seperti garam dan gandum, dan bahan sandang pangan. Bahkan asesoris pakaian seperti ikat pinggan yang terbuat dari manik-manik atau cangkang kerang konon juga dipakai sebagai alat pembayaran oleh suku-suku Indian di Amerika. Sebagaimana dengan uang kita dewasa ini, uang logam Mesopotamia kuno pun ditimbang. Masyarakat pada suku-bangsa tertentu mempunyai aturan-aturan yang sangat keras tentang nilai dan pembayaran uang mereka. Uang biasanya digunakan untuk menyelesaikan kewajiban-kewajiban sosial, seperti pembayaran perkawinan, ganti rugi, dan denda.

UANG LOGAM YANG PERTAMA KALI MUNCUL

Uang logam adalah kepingan logam yang ditandai dengan sebuah desain tertentu yang menunjukkan bahwa kepingan logam itu adalah uang. Uang logam yang paling awal dikenal dibuat pada abad ke-7 sebelum masehi di kerajaan Lydia (di negara yang kini kita kenal dengan Turki). Potongan elektrum (campuran emas dan perak) yang ditimbang digunakan oleh orang Lydia sebagai uang dengan dibubuhi cap gambar-gambar guna menegaskan beratnya di samping nilai pembayarannya. Proses pembubuhan cap ini disebut "pencetakan uang". Bentuk uang logam itu tidak penting. Cap pada uang-logam berupa tanda atau lencana pribadi yang menunjukkan ciri orang yang menjamin bobot uang logam itu misal para raja Lydia menggunakan kepala singa pada uang-uang logam mereka. Cara baru mengatur nilai uang merupakan suatu keberhasilan besar dan segera menyebar ke Eropa. Walaupun penemuan Lydia merupakan uang yang pertama, tetapi gagasan yang sama dikembangkan di tempat lain untuk membakukan bentuk-bentuk lain uang logam misalnya potongan-potongan tembaga di Rusia selatan dan Italia, perkakas perunggu seperti yang berbentuk seperti pisau dan lainnya serta mata uang dari cangkang kerang di Cina, cincin perak di Thailand, dan batangan-batangan emas dan perak di Jepang.

UANG KERTAS PERTAMA

Uang kertas pertama hanyalah berupa potongan-potongan kertas, tetapi kertas itu diterima sebagai uang karena apa yang diwakilinya sesuatu yang berharga. Orang Cina adalah yang pertama kali melihat keuntungan-keuntungan menangani uang dalam bentuk dokumen kertas yang tercetak. Selama abad ke-10 pemerintah Cina mengeluarkan uang logam besi yang berat namun bernilai rendah. Orang mulai meninggalkan uang logam ketika para pedagang menggunakan tanda terima tulisan tangan ayng diberikan pedagang kepada mereka sebagai gantinya. Pada awal abad ke-11, pemerintah setempat mengambil alih dari pada pedagang dan mencetak tanda-terima yang dapat digunakan secara resmi sebagai uang. Untuk sistem itu lebih mudah, tanda-tanda itu diberi nilai tetap. Uang kertas mulai digunakan secara luas di Cina sekitar abad ke-14. Bangsa-bangsa lain kemudian mengikuti tren mata uang kertas. Bangsa Jepang mulai mengeluarkan mata uang kertas pada sekitar abad 17 (tahun 1746) dengan diprakarsai oleh kuil di Kyoto yang meresmikan penggunaan mata uang kertas di Jepang. Bangsa Perancis mulai menggunakan mata uang kertas juga pada abad yang sama (tahun 1718) atas prakarsa John Law - menteri keuangan Perancis yang pertama kali mempunyai ide untuk menerbitkan uang kertas. Selanjutnya tren mata uang kertas mulai menjalar ke berbagai penjuru dunia dan populer hingga saat ini sebagai alat pembayaran yang ringan dan mudah dibawa ke mana-mana.

BAGAIMANA PROSES PEMBUATAN UANG LOGAM

Uang logam dibuat dengan menandai sekeping logam kosong dengan desain - suatu proses yang disebut "pencetakan uang". Desain-desain itu dicap pada logam dengan menekannya antara dua permukaan logam keras yang disebut stempel-uang. Inilah cara dasar yang ditemukan 2600 tahun yang lalu untuk membuat uang logam pertama. Stempel uang itu adalah paron dan spons, dan desain diukir pada paron dengan tangan. Dengan menggunakan tenaga listrik yang besar sekali, mesin-mesin bertenaga listrik juga digunakan untuk membuat uang logam yang belum dicap (kepingan logam berbentuk uang logam yang belum ditandai) dan mencetak desainnya pada stempel uang. Teknik pembuatan uang logam dewasa ini diambil dari produksi uang logam masyarakat ekonomi Eropa tahun 1973 di British Royal Mint di Llantrisant, Wales.

BAGAIMANA PROSES PEMBUATAN UANG KERTAS

Membuat uang kertas merupakan usaha rahasia dan rumit karena para pencetak uang kertas harus memastikan bahwa uang kertas paling sulit untuk dijiplak bagi para pemalsu. Beberapa segi diantaranya, kurang rahasia, ditampakkan di sini dari salah satu diantara pencetak uang kertas yang paling berhasil di dunia. Anda dapat melihat bagaimana mereka membuat contoh uang kertas untuk diperlihatkan kepada para nasabah mereka. Pada proses pembuatan uang kertas, terdapat klise uang kertas yang didesain dengan teliti agar tidak mudah ditiru atau dipalsu, selain juga ditambahkan pula benang pengaman yang disisipkan pada lapisan bagian dalam uang kertas. Secara sederhana, ada empat tahap utama dalam pembuatan uang kertas, yaitu tahap desain, pembuatan kertas, pencampuran tinta dan pencetakan. Pencetakan dilakukan dengan tiga proses terpisah: litografi, intaglio dan pencetakan huruf (biasanya dengan mesin nomerator di masa lalu). Kini pembuatan uang kertas jauh lebih rumit dan canggih untuk menghindari pemalsuan uang yang kian marak. Bahan-bahan yang diciptakan untuk masing-masing tahap dan proses berbeda untuk setiap desain uang kertas yang digunakan, dan bisa sangat berbeda antara negara satu dengan negara yang lain. Bahkan uang kertas di Amerika sudah menggunakan pita magnetik untuk menghindari pemalsuan uang, sehingga uang kertas palsu dengan mudah bisa dikenali. Ada pula uang kertas yang dilengkapi dengan cat khusus yang mudah dideteksi bila terjadi perampokan bank misalnya.

PEMALSUAN UANG DAN PENIPUAN
Pemalsuan, seni membuat uang palsu selalu dianggap sebagai kejahatan yang sangat serius. Pada masa lampau hukuman untuk pemalsuan mencakup deportasi hingga yang cukup sadis seperti misalnya pemotongan tangan, direbus hidup-hidup, dan hukuman mati (baik dengan digantung, dipenggal, atau pun ditembak mati). Namun terdorong oleh keuntungan yang akan diperoleh, pengubahan potongan-potongan logam atau kertas yang murah menjadi sesuatu yang berharga. Para pemalsu uang terus melanggar hukum. Sekarang hukuman mungkin sekali berupa denda besar atau hukuman penjara. Para pemalsu uang tidak hanya merugikan pribadi-pribadi karena tertipu oleh ketidakjujuran mereka, tetapi mereka juga menipu negara yang karena wewenangnya uang diemisikan. Walaupun terdapat segala macam teknik pemalsuan uang, khususnya uang kertas, namun teknik paling konyol dan terlucu pernah terjadi di Swedia. Pada sekitar tahun 1868, pernah beredar uang kertas palsu yang dibuat dengan tangan (dilukis dan dibuat tulisan dengan menggunakan tangan). Uang logam juga pernah dipalsukan pertama kali di Amerika sekitar tahun 1930. Walau sudah berulangkali terungkap dan banyak pula yang tertangkap, para pemalsu uang seperti tak kunjung jera dalam melakukan berbagai aksinya di berbagai negara. Walau tidak banyak pemalsu uang yang memalsukan uang logam (karena nilainya sangat kecil), namun uang logam palsu bisa dideteksi dengan menggunakan mesin pengecek berat mata uang logam yang bentuknya seperti kotak tempat pensil.

UANG DAN PERDAGANGAN

Uang terdapat pada pusat perdagangan, apakah di toko atau pasar komoditas (produk) internasional. Uang, "alat tukar" memungkinkan pembeli atau penjual bersepakat melepaskan apa yang mereka miliki untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Pada waktu uang berbentuk logam mulia seperti emas dan perak, peti-peti berat berisi uang logam dikirimkan keliling dunia dalam perdagangan! Namun, uang itu sendiri tetap diam, tetapi kepemilikannya tetap dipindahkan melalui potongan kertas yang disebut surat tukar. Dewasa ini uang jarang bergerak pada perdagangan, walaupun "surat tukar" masih digunakan. Kebanyakan bayaran internasional dilakukan melalui telepon dan komputer. Lama kelamaan orang tidak lagi mengadakan pembayaran dengan uang logam. Sebagai gantinya digunakan surat perintah pembayaran atau cek.

UANG PADA MASA PERANG

Sepanjang sejarah, uang dan perang tampaknya berbaris bersama-sama bergandengan tangan. Uang memainkan peran besar pada persiapan-persiapan perang karena untuk membeli senjata yang diperlukan dan mendorong para pria untuk menjadi prajurit. Prajurit bayaran ditawarkan uang dalam jumlah besar untuk bertarung dengan negara asing. Tradisi ini tetap berlaku hingga sekarang di Amerika dan beberapa negara barat lainnya, bahkan konon ada agensi yang mengurusi para prajurit swasta (mercenaries) yang menarik biaya cukup tinggi bagi negara-negara tertentu yang berkeinginan menggunakan jasa mereka. Kesukaran-kesukaran perang mengakibatkan pengeluaran bentuk-bentuk baru uang di kota-kota yang sedang dikepung (terputus hubungan dan dikelilingi oleh musuh) dan oleh pemerintah-pemerintah yang kehabisan uang. Keadaan yang sama juga mengakibatkan beredarnya bentuk-bentuk uang yang tak resmi, seperti rokok. Ini pernah terjadi saat perang antara Italia dan Yunani. Terlalu sering uang memberikan harapan bagi keberhasilan dalam perang, pada masa lampau, para prajurit sering dikerahkan dengan perjanjian bahwa mereka akan dibayar dari rampasan yang direbut dari musuh. Dan tampaknya hal ini tetap berlanjut hingga sekarang, karena konon kabarnya Amerika terikat banyak kontrak dengan perusahaan-perusahaan multinasional yang menyediakan jasa para prajurit bayaran, perusahaan-perusahaan senjata, perusahaan real estat, dan juga para konsorsium arsitek pengembang maupun perusahaan-perusahaan minyak yang bersedia membangun kembali sebuah koloni baru peradaban Amerika dan negara-negara imperialis lainnya di tanah taklukan. Jadi siapa bilang uang tidak ada kaitannya dengan perang. Bahkan uang adalah motif untuk mengobarkan perang, ada atau tidak ada alasan. Bahkan seringkali dibuat-buat alasan palsu (istilahnya biasa disebut "pre-text") untuk tetap mengobarkan perang, atau bahkan mengadu domba negara-negara lainnya untuk berperang, agar uang tetap berputar, dan perusahaan-perusahaan besar yang berdiri di belakangnya tetap bisa hidup dan menarik keuntungan dari adanya perang. Memang terdengar kejam, tapi itulah hidup. Memangsa sebelum dimangsa!

KEKUATAN UANG

Konon cinta akan uang adalah sumber segala kejahatan, dan hal itu memang benar bagi beberapa orang. Orang-orang kikir mencintai uang mereka sendiri dan para maling mencintai uang orang lain! Uang telah membawa banyak orang kepada kejahatan, tetapi aneh uang juga mempunyai reputasi membawa keberuntungan. Siapa yang dapat mengingkari peningkatan nyata pada nasib baik bagi mereka yang mempunyai banyak uang! Ada banyak kepercayaan aneh mengenai kekuatan uang untuk selama-lamanya. Sejak jaman purbakala, uang logam digunakan untuk mengusir iblis, memastikan perjalanan yang selamat sesudah kematian (seperti pada kepercayaan bangsa Cina yang membakar uang bila ada orang Cina yang meninggal dunia), menyembuhkan penyakit pes, melindungi dalam pertempuran, dan menjanjikan cinta abadi.

SUMBER SEGALA KEJAHATAN

Pembunuhan, perampokan, pembakaran rumah/pasar/pertokoan, penggusuran, dan penyogokan dan diamana ada kejahatan di sana ada uang. Uang itu sendiri tentu tidak jahat, uang tidak lebih dari kebutuhan kehidupan sehari-hari. Jadi mengapa uang begitu sering muncul sebagai motif kejahatan? Apakah keserakahan dan kecemburuan, atau kemiskinan dan kemelaratan menjadi penyebabnya, atau apakah karena penjahat melihat bahwa uang merupakan sarana untuk mencapai nasib baik yang rupanya mereka tidak miliki?


MITOS DAN KEGAIBAN UANG

Tidak sulit untuk melihat, mengapa uang terlihat sebagai sumber nasib baik. Sebelum kita amati dengan teliti, orang kaya selalu kelihatan diberkahi dengan segala nasib baik yang mereka perlukan. Mereka mampu membeli segala barang pokok yang mereka perlukan untuk membuat kehidupan mereka bahagia. Namun, ada segi yang lebih gaib, lebih spiritual pada uang. Gambar-gambar dan kata-kata pada uang logam sering menambah kekuatan uang logam untuk membawa keberuntungan.

APA YANG ANDA LAKUKAN BILA SUATU SAAT KAYA MENDADAK?

Jika Anda tiba-tiba saja menjadi jutawan, apa yang akan Anda lakukan dengan kekayaan Anda? Apakah Anda akan cepat-cepat pergi ke toko untuk langsung membelanjakan semua uang itu, apakah Anda merencanakan dengan hati-hati apa yang akan Anda lakukan dengan semua uang itu - barangkali menanam uang itu dan menabung sebagian dari uang itu untuk masa depan - atau apakah anda akan menabung semua uang itu, tidak pernah membelanjakan atau memberikan kepada orang lain sebagian dari uang itu? Jika Anda akan cepat-cepat ke toko untuk membelanjakannya, Anda mungkin sekali akan mendapatkan bahwa hal itu lebih sulit daripada yang Anda bayangkan! Seperti kebanyakan jutawan muda, Anda barangkali akan membelanjakan cukup banyak dari uang itu untuk pakaian, desainer, DVD, peralatan elektronik dan hiburan, tetapi Anda masih akan mempunyai sisa jumlah yang cukup besar. Anda dapat mulai mengumpulkan sesuatu seperti perangko langka, buku tua dan langka, barang-barang antik, uang logam dan uang kertas kuno, membeli saham, membeli uang elektronik (e-gold, paypal, epal, dan banyak lagi).

SEJARAH PERKEMBANGAN MATA UANG DI BERBAGAI NEGARA

Amerika Serikat.

Mata uang Amerika Serikat terdiri atas dolar dan sen. Uang logam dan uang kertas pertama kali dimasukkan ke Amerika Utara oleh orang Eropa. Tetapi negeri Inggris tidak mengeluarkan uang logam atau uang kertas untuk para penetapnya, mereka menggunakan tembakau, manik-manik kerang dan mengimpor uang logam Spanyol, kepingan-kepingan delapan (dikenal dengan sebutan "colonist" atau bisa diartikan "para penduduk pendatang yang menetap di suatu wilayah baru), juga kemudian mengeluarkan uang kertas mereka sendiri yang disebut dengan sebutan "bill" atau bisa diartikan dengan "tagihan". Istilah "bill" ini berlaku hingga sekarang bila menyebut mata uang kertas. Uang dolar telah terpilih sebagai mata uang Amerika Serikat sebelum proklamasi kemerdekaan ditandatangani pada tanggal 4 Juli 1776. Dolar AS pertama adalah kertas uang kertas. Mata uang kontinental yang dikeluarkan mulai 1775; dolar perak juga dikeluarkan mulai 1794. Dolar AS yang terbuat dari kertas sejak 1862, merupakan mata uang dunia yang paling luas digunakan, bahkan hingga sekarang setelah mata uang Euro semakin menanjak nilai tukarnya.

Perancis.

Dewasa ini uang Perancis terdiri atas "franc" yang terbagi menjadi "centime". Uang Perancis yang paling tua dikenal adalah uang logam perak Yunani buatan Masilia (Marseilles) hampir 2500 tahun lalu. Dari abad kedua sebelum masehi, bangsa Gaul (rakyat-rakyat Celtik Perancis kuno) mengeluarkan uang logam yang meniru desain-desain Yunani, tetapi ketika bangsa Romawi menaklukkan bangsa Gaul, mereka membawa serta uang logam mereka sendiri. Desain uang logam Romawi tetap digunakan sampai raja-raja Frank yang kemudian mengeluarkan "denier" perak, yaitu uang logam pertama yang benar-benar Perancis. Franc mula-mula dikeluarkan sebagai uang logam emas pada tahun 1360, dan sebagai uang logam perak pada tahun 1577, dan tidak menjadi mata uang utama Perancis sebelum tahun 1795. Franc telah mempertahankan kedudukan ini sejak waktu itu, tetapi nilainya telah sering kali berubah sebagai akibat revolusi dan perang. Perubahan besar yang terakhir adalah pada tahun 1960 ketika dikeluarkannya Franc baru yang nilainya sama dengan 100 Franc yang digunakan sampai saat itu.

Jerman.

Mark terbagi menjadi seratus pfennig merupakan unit mata uang kedua bagian Jerman saat sebelum penyatuan Jerman. Mark diperkenalkan pada tahun 1871 ketika kekaisaran Jerman dibentuk oleh Wilhelm I, Raja Prusia. Sebelum menjadi unit utama mata uang, mark digunakan sebagai suatu alat tukar. Mata uang utama adalah "thaler", "gulden" dan "dukat". Namun, "pfennig" bersejarah yang lebih panjang, dan merupakan nama yang digunakan untuk uang logam perak Jerman abad ke-11. Sebelum kekaisaran didirikan, kerajaan-kerajaan, negara-negara bagian dan kota-kota Jerman mempunyai sistem mata uang sendiri-sendiri. Sistem-sistem peruanglogaman serupa terdapat di wilayah-wilayah Polandia, Cekoslowakia, Austria dan Swiss yang berdekatan.

Belanda dan Belgia.

Mata uang modern negeri Belanda dan Belgia ditetapkan ketika negara-negara itu menjadi kerajaan. Pada tahun 1815, kerajaan Belanda serikat - yang pada waktu itu mencakup Belgia mempertahankan mata uang guldennya yang dahulu, tetapi mereorganisasikannya sebagai suatu sistem desimal yang terbagi menjadi seratus sen. Ketika kerajaan Belgia bebas dari negeri Belanda pada tahun 1830, kerajaan Belgia itu mengambil "franc" dari Perancis, negara yang telah menguasai kedua negara itu selama masa Napoleon yang lebih dahulu. Peruanglogaman semula dimasukkan oleh orang Celtik ke dalam wilayah ini pada abad kedua sebelum masehi. Hal itu kemudian berkembang lebih jauh di bawah pengaruh Romawi, Jerman, Perancis, Spanyol dan Inggris. Sejak abad ke-13 negeri Belanda dan Belgia merupakan pusat perdagangan internasional dan banyak uang logam asing beredar di sana.

Italia.

Lira ditetapkan sebagai maa uang nasional Italia sejak pertengahan abad ke-19 ketika Vittorio Emanuele II menjadi Raja Italia. Perkataan lira berasal dari perkataan latin libra, yaitu unit berat yang digunakan untuk menentukan nilai mata uang tembaga Romawi. Sebelum mereka menggunakan uang logam, orang Romawi mengadakan pembayaran dengan ternak dan bongkahan tembaga yang ditimbang. Mereka mendapat gagasan untuk menggunakan uang logam selama abad ketiga sebelum masehi dari kota-kota Yunani di Italia selatan dan Sisilia tempat uang logam telah digunakan selama lebih dari dua ratus tahun. Mata uang logam Romawi adalah versi dari uang logam Yunani atau uang tembaga yang ditimbang, dengan desain-desain Yunanio yang ditambahkan kepada uang itu. Kota-kota Italia seperti Pavia, Genoa, Venice, Florence, dan Amalfi menguasai perdagangan Eropa selama berabad-abad. Dukat emas Italia digunakan dan ditiru di seluruh Eropa dan negara-negara Laut Tengah bagian Timur.

Spanyol dan Portugal.

Pada tahun 1492, Christopher Colombus berangkat dari Spanyol untuk membuka rute ke arah barat menuju Timur dan menemukan Amerika. Enam tahun kemudian, Vasco da Gama dari Portugal membuka rute laut mengelilingi Afrika ke India. Kedua peristiwa ini sangat mengubah sejarah uang. Kedua peristiwa itu mengakibatkan penerbitan uang logam gaya Eropa di Amerika, Afrika dan akhirnya di Asia, dan akhirnya membawa ke Eropa jumlah-jumlah emas dan perak yang sangat besar dari benua-benua itu. Spanyol mengirimkan ke Eropa dan Asia berjuta kepingan delapan perak dari Meksiko, Peru dan Bolivia di Amerika Selatan. Portugal memasok Eropa dengan emas yang diambil dari Afrika, India, Cina dan Brasil. Peseta Spanyol yang diperkenalkan pada tahun 1869, memperoleh namanya dari istilah populer untuk uang logam perak yang kecil. Escudo Portugis modern adalah mata uang yang baru saja diperkenalkan sejak tahun terbit pertamanya di tahun 1915.

Yunani dan Turki.

Uang logam dewasa ini semua berasal dari versi-versi uang logam Yunani kuno yang pertama kali dibuat di Turki kuno. Orang Yunani kuno memberikan kepada uang logam bentuk bulat yang khusus dengan desain pada kedua sisinya. Sejak itu Yunani dan Turki telah mempunyai banyak penguasa yang berbeda, yaitu Yunani, Persi, Romawi, Bisantin, Turki, Perancis, Italia, Inggris, Rusia dan Jerman yang semuanya telah menerbitkan uang logam mereka sendiri. Uang kedua negara itu drakhma Yunani dan lira Turki asalnya baru-baru ini saja. Drakhma, mata uang Yunani, mula-mula diperkenalkan pada tahun 1831 ketika Yunani baru saja merdeka. Lira pertama kali diterbitkan sebagai uang kertas pada tahun 1930 mewakili penamaan kembali pound Turki (livre). Turki mengalami kejayaan ketika Turki di bawah pemerintahan Sultan Ottoman. Pada masa itu semua uang logam dikeluarkan dengan tanda tangan sultan. Uang Turki ini berlaku kemana-mana seperti ke Aljazair dan Irak bahkan sampai pula ke Hongaria dan Yaman.

Denmark dan Norwegia.

Sebelum Denmark dan Norwegia mempunyai uang logam sendiri, bangsa Viking memperkenalkan uang logam Perancis, Jerman, Inggris dan Islam yang telah mereka rebut sebagai barang rampasan atau peroleh pada perdagangan. Selama abad ke-10 dan ke-11, para raja Denmark dan Norwegia mulai menerbitkan uang logam sendiri dengan desain yang ditiru dari penny-perak Inggris. Dewasa ini, Denmark ataupun Norwegia menggunakan Krone, yang terbagi atas seratus Ore, sebagai mata uang mereka. Satuan-satuan yang sama digunakan di Swedia. Ketiga mata uang ini diperkenalkan pada tahun 1873 sebagai bagian dari suatu sistem Skandinavia bersama. Krone ("crown" = mahkota) adalah suatu uang logam perak dengan desain mahkota yang diterbitkan oleh para raja Denmark dan Norwegia pada abad ke-17 dan ke-18. Ore berasal dari Swedia.

Swedia dan Finlandia.

Selain menerbitkan uang kertas Eropa yang pertama, Swedia menerbitkan uang logam terbesar yang pernah dibuat, yaitu uang lempengan tembaga. Uang logam persegi panjang yang sangat besar ini mempunyai berat kira-kira 19 kg (42 lbs). Dewasa ini uang Swedia tidak begitu aneh; uang itu berdasarkan "krona" terbagi menjadi 10 Ore. Sampai tahun 1809, Finlandia menggunakan uang Swedia karena mereka dikuasai oleh raja Swedia. Namun pada tahun tersebut Finlandia dikuasai oleh Rusia, maka Rubel dan Kopek yang digunakan. "Markka" dan "Penni" yang sekarang ini juga diperkenalkan oleh orang Rusia. Tahun 1809 Swedia melepaskan kekuasaannya terhadap Finlandia. Rusia ketika itu menguasai Finlandia dan memperkenalkan mata uang Rubel dan Kopek. Pada masa itu pula diterbitkan uang dengan menggunakan tiga bahasa: Swedia, Finlandia, dan Rusia.

United Kingdom – Inggris

Semua wilayah Inggris raya meliputi Inggris, Skotlandia, Irlandia Utara, Wales, Pulau Man, dan kepulauan terusan Inggris menggunakan sistem moneter yang berdasarkan Pound Sterling yang terbagi menjadi 100 Penny.



0 komentar:

Peluang Bisnis

FBS

http://www.idnfbs.com/files/images/wallpaper/800x600/wp1.jpg

bizhat.com

  © Blogger template 'Ultimatum' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP