Bisnis Internet

Menghasilkan uang dari internet

GOOGLE

Translate

Artikel Bisnis

03 October 2008

Mengais Dolar di Internet

PPC Income

Bagaimana jika kita tidak ingin menjual domain kita, padahal domain tersebut secara statistik memiliki harga yang cukup mahal? Tentu saja kita dapat membangun situs dengan domain tersebut sebagai situs komersial (e-commerce) atau situs yang mengandalkan iklan untuk pendapatannya. Namun ada cara lain yang cukup menyenangkan untuk mendapatkan uang dari sebuah domain, yaitu PPC Income.

PPC Income

Bagaimana jika kita tidak ingin menjual domain kita, padahal domain tersebut secara statistik memiliki harga yang cukup mahal? Tentu saja kita dapat membangun situs dengan domain tersebut sebagai situs komersial (e-commerce) atau situs yang mengandalkan iklan untuk pendapatannya. Namun ada cara lain yang cukup menyenangkan untuk mendapatkan uang dari sebuah domain, yaitu PPC Income.

Apa sih PPC Income itu? PPC (Pay Per Click) Income adalah layanan yang ditawarkan perusahaan yang memiliki program PPC Income untuk memasang iklan melalui domain yang kita miliki. Tentu saja kita mendapatkan bayaran atas dipakainya domain kita tersebut. Semakin bagus domain kita, asumsinya semakin banyak traffic (orang yang mencari dan meng-klik alamat domain kita) domain kita. Maka jika domain tersebut diarahkan ke sebuah halaman situs yang memuat iklan, maka akan ada banyak user yang melihat iklan itu. Semakin banyak user yang melihat iklan, semakin besar peluang user yang ada mengklik iklan dan membeli barang yang ditawarkan.

Teknis pelaksanaannya begini, kita hanya perlu mendaftarkan diri dan domain yang kita miliki ke perusahaan yang menawarkan layanan PPC income. Kemudian kita memarkir domain kita ke tempat yang mereka sediakan. Domain kita akan diarahkan ke sebuah halaman yang memuat iklan-iklan milik pemasang iklan di perusahaan PPC Income. Selanjutnya kita hanya duduk manis, dan memeriksa setiap bulan, berapa banyak iklan yang diklik oleh pengunjung situs iklan kita. Untuk setiap klik yang dilakukan pengunjung atau setiap impression (setiap ada pengunjung yang berbeda membuka situs kita), kita mendapatkan sejumlah uang yang besarnya sesuai dengan tawaran perusahaan PPC Income. Mudah bukan?

Cara paling mudah adalah mengunjungi situs PPCIncome.com. Di situs ini kita dapat melihat berbagai tawaran yang ditawarkan oleh perusahaan PPC Income. Beberapa perusahaan yang cukup banyak pengguna PPC Income-nya adalah www.fabulous.com, www.domainsponsor.com, www.sedo.com.

Fabulous.com menawarkan US$30 untuk setiap 1000 impression (kunjungan) di domain Anda. Jika domain Anda menarik minat pengunjung sebanyak 1000 orang per hari, maka berarti Anda mendapat uang hanya dengan duduk manis, sebanyak US$ 30 per hari atau US$ 900 per bulan. Jika dirupiahkan menjadi 9 juta rupiah per bulan. Bukan jumlah yang sedikit, tuh!
Di fabulous, penghasilan Anda akan ditransfer via wire transfer setiap US$ 1000 atau jika Anda mempunyai account di Paypal, setiap pendapatan US$ 25, fabulous akan mentransfer dana ke rekening Paypal Anda.

Domain sponsor.com menawarkan program PPC Income yang tidak kalah menarik. Setiap 1000 impression di domain Anda, Anda akan mendapatkan US$ 60. Jadi, jika domain Anda dikunjungi 1000 orang per hari, maka Anda akan mendapatkan uang US% 60 per hari atau US$ 1800 per bulan. Jumlah ini senilai dengan 18 juta rupiah per bulan. Hmm....
Anda akan dikirimi uang via Paypal setiap kali domain Anda menghasilkan US$ 25 (nilai minimal) atau setiap US$ 5000 untuk transfer via wire transfer.
Bagaimana dengan sedo.com? Sedo menawarkan US$ 32 untuk setiap 1000 impression di domain Anda. Dengan perhitungan yang sama, jika domain Anda memperoleh 1000 kunjungan per hari, maka Anda akan menerima penghasilan US$ 32 per hari atau US$ 960 per bulan, setara dengan 9,6 juta rupiah per bulan.

Pembayaran akan dilakukan dengan nilai minimum US$ 20 ke rekening Paypal Anda, atau US$ 50 via wire transfer. Tentu saja jika via wire transfer, pendapatan kita akan dipotong sebagai biaya transfer.

Pegadaian domain
Apakah Anda mengetahui, bahwa domain yang secara statistik bernilai tinggi (mahal) dapat dijadikan barang jaminan di pegadaian?
Kunjungi www.digipawn.com. Situs ini benar-benar lain daripada yang lain. Jika Anda membutuhkan uang (uang beneran nih), Anda dapat mengajukan pinjaman ke digipawn dengan jaminan domain Anda!
Pertama-tama Anda harus mendaftar sebagai member. Gratis kok. Selanjutnya, isilah formulir tentang domain (atau beberapa domain) yang akan Anda jadikan jaminan. Sekaligus Anda isi berapa uang yang ingin Anda pinjam.
Digipawn akan melakukan riset statistik, berapa kira-kira nilai dari domain (atau beberapa domain) yang Anda tawarkan untuk dijadikan jaminan. Jika domain Anda dianggap ada harganya, maka Anda akan ditawari pinjaman uang senilai kurang lebih 70% dari nilai domain Anda.
Sama seperti pegadaian konvensional, Anda diharuskan membayar bunga untuk pinjaman yang Anda terima. Namanya saja hutang, namun kalau Anda tidak bisa membayar pinjaman plus bunganya, maka domain yang Anda gadaikan akan menjadi milik www.digipawn.com. Tentu saja mereka akan menjualnya untuk menutup pinjaman Anda. Mudah bukan? Nah, mulailah berburu domain yang bernilai tinggi. Siapa tahu Anda bisa menjadi keponakan Gober bebek, berenang di kolam uang!


Jual Beli Situs
Apakah bisnis jual beli situs (beserta seluruh content-nya) ini masih diminati? Jawabannya adalah masih. Namun situs yang diminati cenderung ke situs komunitas atau situs berita yang sudah memiliki pasar yang terbukti mendapatkan penghasilan.

Kita dapat mencari informasinya di situs-situs berita di internet seperti www.cnn.com, www.yahoo.com, atau www.fortune.com. Hanya saja pembeli tidak seperti dulu lagi. Kalau dulu, tanpa disertai banyak pertimbangan, langsung dibeli dengan harga fantastis, namun kini, walaupun masih melibatkan nilai uang yang bisa membuat mata melotot (baca: harga mahal), namun melibatkan proses audit dan pertimbangan yang sangat matang.

Sebelum memutuskan terjun ke dunia jual beli situs, sebaiknya kita mengerti terlebih dahulu prinsip yang dipegang oleh calon pembeli situs kita. Seorang pembeli akan tertarik untuk membeli situs kita, kalau dia perkirakan akan mendapat untung dari pembelian itu. Misalnya situs kita sudah menghasilkan uang dari iklan, atau situs kita sudah memiliki member potensial yang banyak, atau situs kita jika "dipoles" lagi dan dijual kembali, akan menghasilkan untung yang lumayan. Intinya, mereka membeli untuk mendapatkan untung yang lebih besar.

OK, cara membangun situs dan bagaimana caranya untuk mendapatkan pengunjung dapat dipelajari di bab-bab sebelumnya dari tulisan ini. Anggap saja kita sudah memiliki developed-site (situs yang sedang dibangun), yang memiliki prospek yang bagus, khususnya di dunia international. Sekarang, bagaimana cara menjualnya?

Ada banyak cara. Yang pertama, Anda bisa menawarkannya melalui situs www.sedo.com. Sedo selain menjadi tempat jual beli domain, juga menjadi tempat jual beli situs yang sedang dibangun atau situs yang sudah mapan (mature). Cukup banyak transaksi jual beli situs yang terjadi di Sedo. Anda hanya perlu mendaftar sebagai member, dan selanjutnya menawarkan situs Anda seperti menawarkan domain. Keuntungan menawarkan situs di Sedo adalah, mungkin saja ada yang tertarik, bukan pada isi situs Anda, tetapi pada domainnya.

Cara yang lain adalah menawarkan situs Anda di www.buysellwebsite.com. Situs ini merupakan "pasar" atau marketplace bagi industri jual beli situs internet. Anda dapat melakukan penawaran dengan memasang iklan di situs ini. Ada 2 jenis penawaran yang dapat Anda lakukan di situs ini, yaitu iklan selama 1 bulan dengan harga US$ 59 dan iklan selama 2 bulan seharga US$ 99. Namun jika Anda memilih iklan selama 2 bulan, Anda akan mendapatkan gratis tambahan 1 bulan. Jadi dengan membayar US$ 99 iklan Anda akan ditampilkan selama 3 bulan.

Ada ratusan situs, baik situs yang sudah established maupun situs startup, yang ditawarkan pemiliknya di situs ini. Namun sayang sekali, tidak disediakan data tentang situs-situs yang sudah berpindah tangan. Ini memang sengaja dilakukan, karena faktor privacy yang seringkali muncul di bisnis jual beli situs dan domain.

Tempat lain yang menjadi "pasar" website adalah SiteBazaar.net. Situs ini menawarkan 2 cara untuk menjual situs, yaitu dengan iklan seperti pada www.buysellwebsite.com dan dengan menggunakan metode lelang.

Dengan membayar US$ 30, iklan Anda akan ditampilkan di halaman depan situs mereka selama 2 minggu. Selanjutnya iklan penjualan situs Anda akan dicantumkan di iklan reguler mereka dengan biaya pasang US$ 15. Jika dalam waktu 3 bulan tidak ada satupun pihak yang tertarik dengan situs Anda, atau minimal mengontak Anda untuk bertanya tentang situs Anda, mereka akan mengembalikan uang Anda yang US$15 itu.

Metode lain yang digunakan situs ini untuk menjual situs Anda adalah metode lelang. Seperti lelang yang lainnya, Anda diwajibakan untuk terdaftar sebagai member di situs mereka. Kemudian Anda dapat melakukan posting penawaran situs Anda. Tentu saja mereka juga menetapkan sejumlah komisi yang harus dibayar jika terjadi transaksi.

Tentu saja Anda tidak hanya dapat menjual situs, tetapi juga membeli situs yang ingin Anda beli. Anda dapat melihat-lihat situs yang ditawarkan. Siapa tahu Anda bisa mendapatkan situs yang berprospek bagus, atau situs yang memiliki domain yang bernilai mahal.

Jika Anda malas untuk memasang iklan penjualan situs, bernegosiasi dengan calon pembeli, dan malas mengalami kerepotan lainnya, Anda dapat menyewa broker untuk menjual situs Anda. Layanan yang dapat Anda gunakan adalah www.websitebroker.com. Layanan ini menyediakan diri mereka menjadi broker bagi orang yang ingin membeli atau menjual situs.

Anda hanya perlu menghubungi mereka dan melakukan pendaftaran secara gratis. Jika Anda ingin menjual situs Anda, mereka akan mencarikan pembeli yang berminat dengan situs Anda. Jika terjadi transaksi, Anda diwajibkan membayar sejumlah komisi yang besarnya telah disepakati sebelum mereka mulai mencari pembeli.

Cara lain yang paling banyak diminati oleh penjual situs di internet adalah memasang iklan di situs lelang terkenal www.ebay.com. Situs ini memang menjadi andalan bagi hampir semua penjual online, tidak peduli mereka berjualan apa. Mulai dari berjualan kaos, koleksi CD, perangko, benda antik, bahkan jualan membership sampai jualan benda-benda virtual (misalnya point gam) juga dapat dilakukan di situs ini. Namun sayang sekali, kita yang berdomisili di Indonesia hanya bisa berharap suatu saat kita dapat menikmati pelayanan dari situs ini.

Namun kalau Anda ingin menikmati layanan ebay, Anda dapat menggunakan cara yang sebenarnya tidak direkomendasikan, namun dapat dicoba, yaitu menggunakan account milik saudara atau teman baik Anda yang tinggal di luar negeri. Minta mereka melakukan transaksi dengan account mereka, dan jangan lupa beri mereka komisi. Hindari menggunakan account mereka untuk melakukan transaksi dari Indonesia, karena alamat IP dari Indonesia sering diblok saat melakukan transaksi. Kebayang kan, kalau transaksi sudah terjadi, tiba-tiba dibatalkan oleh sistem, dan selanjutnya account yang Anda gunakan diblokir.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah kepastian transfer, baik kepemilikian situs maupun pembayaran. Anda dapat menggunakan jasa dari www.sedo.com untuk menangani transaksi transfer kepemilikan situs (termasuk domainnya) dan pembayarannya melalui perusahaan ini.

Menjual E-book
Anda senang menulis? Ingin jadi penulis? Atau ingin mendapatkan penghasilan dari kegiatan menulis? Jika kita perhatikan, banyak sekali film-film dan sinetron yang diangkat dari buku. Masih ingat film Eifel I'm In Love, Ayat-Ayat Cinta, dan banyak lagi? Film ini diangkat dari buku dengan judul yang sama. Sudah menjadi rahasia umum, bahwa kegiatan tulis menulis telah menghidupi sekian banyak orang dengan level kehidupan yang termasuk nyaman dan mewah. Onno W. Pubo, seorang yang terkenal dengan buku-buku komputer dan internetnya memilih menjadi penulis dibanding menjadi pengajar. Alasannya simple, kalau menjadi pengajar (dosen), ilmu yang ditularkan hanya didengar mahasiswa di kelas. Tapi kalau menjadi penulis, ilmunya bisa didengarkan oleh semua orang. Dan buktinya, beliau tidak kekurangan dalam hal materi tuh.

Banyak sekali penulis yang bermunculan akhir-akhir ini. Tapi fenomena ini juga dibarengi dengan munculnya perusahaan-perusahaan penerbitan yang baru. Ini menandakan, dunia tulis menulis cukup menjanjikan dan sedang berkembang menjadi sebuah industri yang besar.
Bersyukurlah, jika tulisan Anda diminati oleh penerbit dan segera dipajang di toko buku. Namun bagaimana kalau tidak ada penerbit yang berminat menerbitkan karya Anda? Ingat, penerbit juga melihat trend pasar dalam menerbitkan buku. Atau, bagaimana jika tulisan Anda tidak terlalu tebal, sehingga tidak memungkinkan untuk dijadikan buku? Atau bagaimana jika topik yang Anda tulis merupakan topik-topik ringan saja?

Anda dapat menjualnya dalam bentuk electronic book atau biasa dikenal dengan nama e-book. Seorang bernama Adi Satriawan membuktikannya dengan membuka situs www.jualebook.com. Situs ini menawarkan berbagai macam ebook dengan harga yang sangat terjangkau. Belum lagi bonus-bonus (berupa ebook atau tools yang berhubungan dengan internet) yang diberikan. Selama masa promosi, dengan uang 20.000 rupiah, Anda dapat mendownload semua ebook dan tools yang terdapat di situs www.jualebook.com. Situs ini berdiri tanggal 1 November 2004 dan masih tetap eksis sampai sekarang. Ini membuktikan bisnis ebook cukup menarik untuk digeluti.

Situs lain yang memulai bisnis ebook sejak lama adalah www.ebook.com. Situs ini mulai menjual ebook pada tahun 1997 sampai sekarang. Namun, berbeda dengan situs ebook yang menjual ebook buatan pemiliknya, www.ebook.com menjual ebook dari penerbit. www.ebook.com dalam operasionalnya akan menghubungi penerbit yang memiliki buku-buku terkenal, atau buku-buku yang menurut penilaian mereka akan laku di pasaran, kemudian mereka akan memberi lisensi untuk membuat ebooknya dan menjualnya di situs www.ebook.com

Sebagai penulis, kita tidak dapat menjual ebook di situs ini. www.ebook.com hanya berhubungan dengan penerbit untuk pengadaan ebooknya.
Menurut situs wwww.etnews.co.kr nilai bisnis ebook mencapai 100 milyar won atau setara dengan sekitar 100.000 dolar Amerika (1 milyar rupiah) per tahun di korea. Nilai ini cukup significant kalau mengingat banyak produsen ebook yang menjual ebook mereka secara gratis.
Cukup banyak orang Indonesia yang berbisnis ebook di internet. Mereka juga tidak hanya membuat satu situs saja, tapi banyak situs dengan topik yang berbeda-beda. Misalnya seorang wanita dari Malang yang bernama Erdini Enggar. Ibu yang satu ini membangun banyak situs untuk menjual ebook-ebook karyanya. Mulai dari www.bisniswanita.com, www.minyakvco.com, www.tokomesin.net, www.wanitasukses.com, www.mahasiswasukes.com, www.bisnisbusana.com, dan www.majalahwanita.com.
Taufan Surana juga membuat situs ebook yaitu www.balitacerdas.com dan www.bukuelektronik.com. Agak berbeda sedikit dengan yang lain, di www.balitacerdas.com, Taufan Surana juga menjual buku dalam bentuk Flash Card. 1 set Flash Card berisi 50 card dijual seharga 90 ribu rupiah ditambah ongkos kirim. Paket akan dikirm menggunakan jasa TIKI. Selain ebook berbentuk pdf, ebook berbentuk flash card, www.balitacerdas.com juga menjual ebook dalam bentuk dot card. Metode dot card berguna untuk mengembangkan kemampuan berhitung anak dengan menggunakan otak kanan, atau biasa disebut dengan metode Glenn Doman.
1 set dot card berisi 50 card dijual dengan harga 70 ribu ditambah ongkos kirim. Paket dikirim menggunakan TIKI, sedangkan pembayaran dilakukan dengan transfer bank atau bayar di tempat saat barang dikirim.
Masih ada banyak lagi situs-situs Indonesia yang berjualan ebook, seperti www.idebaru.com, www.klikabadi.com, www.carabisnis.com, www.serba-serbi.com, www.duniaebook.com, www.megabuku.com, atau www.ebook-bisnis.com.

Potensi pendapatan
Seperti yang disebutkan di atas, pasar ebook diperkirakan akan bergerak di kisaran 100 ribu dolar Amerika per tahun di Korea saja. Sedangkan www.idpf.org menyajikan angka yang lebih tinggi lagi. Pada trimester ketiga tahun 2004 dahulu misalnya, penjualan ebook di outlet-outlet besar seperti www.ebooks.com, www.ereader.com, www.fictionwise.com, www,mobipocket.com, dan www.overdrive.com tercatat angka 3.227.972 dolar Amerika atau setara dengan 32.279.720.000 rupiah. Angka ini akan terus meningkat, seiring dengan adanya trend go-mobile. Entah berapa nilai omzet mereka di tahun 2008 ini. Perangkat atau gadget bermacam jenis akhir-akhir ini semakin banyak bermunculan dengan berbagai fungsi dan fitur yang menarik. Akses internet juga berkembang ke arah roaming akses. Artinya kita bisa mengakses internet dari mana saja dan kapan saja, serta semakin murah tarifnya.

Pada awalnya, ide ebook sendiri adalah mendigitalkan buku-buku yang beredar di pasaran menjadi buku elektronik yang bisa dibawa ke mana saja dengan gadget seperti laptop atau PDA. Jadi buku yang dijadikan ebook adalah buku-buku "serius" yang tebal dan berharga mahal. Ini tercermin dari model bisnis yang digunakan oleh www.ebook.com
Namun seiring perkembangan internet dan hancurnya batas-batas birokrasi, industri ebook mulai bergerak ke arah bacaan-bacaan yang lebih ringan, menghibur, atau untuk mengungkapkan ide-ide baru untuk menambah penghasilan.
Jika kita cermati, industri ebook Indonesia lebih banyak bergerak di seputar mencari penghasilan tambahan dari internet, merekrut member untuk berbagi discount, dan menggunakan ebook atau tools gratis untuk dijadikan bonus. Model bisnis ini sangat rentan, dan lebih banyak menjanjikan "kerja sedikit, hasil banyak."
Sebaiknya jika Anda ingin memulai bisnis ebook, hindari model bisnis di atas. Mulailah mencari tahu bagaimana menjadi seorang penulis ebook yang profesional, yang berkelas dunia. Anda dapat memulainya dengan mengunjungi situs The International Digital Publishing Forum di www.idpf.org. Situs ini sebelumnya bernama Open eBook Forum (www.openebook.org).
Di situs ini Anda dapat mengetahui perkembangan industri ebook dunia, topik-topik apa saja yang sedang booming, tawaran-tawaran dari publisher, dan sebagainya. Anda juga dapat menjadi member (untuk menjadi member harus mengatasnamakan sebuah organisasi, misalnya organisasi non profit), dan dapat mengikuti meeting atau konferensi yang melibatkan ebook dunia.
Hal lain yang perlu diperhatikan dalam memulai bisnis ebook adalah menjadi diri sendiri. Pada dasarnya menjadi penulis adalah mengekspresikan apa yang ada di dalam pikiran sendiri dan menuangkannya dalam sebuah tulisan. Jangan paksakan diri Anda untuk menulis hal-hal yang tidak Anda kuasai.
Jika sasaran pasar Anda adalah pasar internasional, gunakan bahasa Inggris. Namun kalau hanya pasar lokal, gunakan bahasa Indonesia.
Tentukan sasaran yang lebih spesifik, misalnya pasar anak-anak, pasar remaja, pasar wanita dewasa, pasar pria dewasa, atau pasar orang tua. Tentu saja topik ebook yang dibuat harus disesuaikan dengan sasaran pasar yang dituju.
Lalu topik-topik apa yang banyak diminati oleh pembaca ebook? Hampir semua topik diminati. Namun ada beberapa topik yang memiliki pasar yang cukup besar berikut ini contohnya.
- Tutorial
Ebook yang berisi tutorial sangat diminati. Misalnya tutorial belajar sebuah bahasa pemrograman, seperti "Belajar Bahasa scr i pting PHP Dalam 30 Hari" misalnya. Saat penulis sedang studi tingkat sekolah menengah, penulis sering membeli CD komputer berisi tutorial-tutorial cara belajar bahasa pemrograman komputer di Glodok. Biasanya tutorial-tutorial ini diambil dari ebook terbitan MacMillan Publisher yang memiliki situs di www.MCP.com. Disarankan, sebisa mungkin Anda menghindari aktivitas plagiat dan pembajakan karya tulis seperti menjiplak isi buku sampai lebih dari 30% misalnya. Ada banyak topik tutorial yang bisa diangkat menjadi ebook, misalnya "Membuat sendiri Minyak Goreng Berkualitas Tinggi", "Belajar Merakit Mesin Sepeda Motor", "Belajar Sendiri Akuntansi Keuangan Dalam 30 Hari", atau topik-topik lainnya.
- Manual dan dokumentasi
Ebook lain yang diminati adalah ebook yang berisi petunjuk manual atau dokumentasi tentang produk-produk tertentu, misalnya dokumentasi instalasi PHP dan MySQL. Anda dapat membuat ebook dengan topik-topik petunjuk manual, misalnya "Service Sendiri Mesin Mobil Anda", "Prosedur Membangun Sebuah Firma Hukum", "Tanya Jawab Tentang Sistem Perpajakan Indonesia", atau topik-topik menarik lainnya.
- Know How dan How To
Topik lain yang juga diminati pembaca ebook adalah topik-topik yang berhubungan dengan Know How dan How To. Misalnya "Mengenai Lebih Jauh Tentang Tata Surya", "Memahami Cara Kerja Teleskop Ruang Angkasa Hubble", atau topik-topik untuk anak kecil seperti "Bagaimana Mulut Kita Bisa Mengeluarkan Suara", "Bagaimana Proses Pembuatan Roti", dan sebagainya.
- Tips dan Trik
Topik yang sedang naik daun adalah tips dan trik. Majalah intisari edisi khusus Family Financial Planning pernah mengulas seorang wanita Indonesia yang membuat ebook dalam bahasa Inggris dengan topik tips-tips seputar dunia wanita dan menjualnya di internet, mendapatkan penghasilan ribuan dolar Amerika per bulannya. Anda juga dapat membuat ebook dengan topik-topik ringan lainnya seperti "Cara Mendidik Anak yang Benar", "Resep Masakan Sepanjang Masa", "Mengatasi Anak yang Susah Makan", dan sebagainya. Nah, bagaimana? Menarik sekali bukan? Segera tuangkan imajinasi Anda. Siapa tahu, ini jalan Anda untuk menuju sukses.

MENJUAL SKILL

Setiap orang pasti memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh orang lain. Jika kelebihan ini terus diasah, maka akan menjadi sebuah keahlian atau skill. Sejarah membuktikan, manusia-manusia dengan skill khusus selalu dicari dengan imbalan materi yang luar biasa banyak.

Internet adalah jaringan yang menjangkau seluruh dunia, "hidup" 24 jam sehari, 7 hari seminggu tanpa pernah "libur". Internet membuat batas-batas birokrasi menjadi kabur. Bahkan batas-batas moral dan spiritual pun menjadi hilang. Semuanya dapat Anda temukan di internet. Mulai dari hal-hal yang membangun dan menguntungkan, sampai hal-hal yang merusak, jorok dan sadistis dapat Anda temukan di sana.

Anda tidak hanya dapat mencari kawan sebanyak-banyaknya di internet, tapi juga musuh. Seorang kawan yang ibunya menderita stroke, memperoleh dukungan moral dari sesama penderita stroke dan keluarganya dari seluruh dunia. Tapi kecam mengecam, ejek-mengejek juga dapat Anda temukan di internet. Bagainama menggunakan internet menjadi alat publikasi untuk menjual keahlian atau skill kita?

Adalah seorang anak muda yang bernama Tom. Dia sangat menyukai elektronika dan hardware komputer. Berawal dari hobinya mengutak-atik motherboard dan mempublikasikan pendapatnya di situs pribadinya, Tom kini menjadi miliarder muda dengan situs miliknya yang melegenda www.tomshardware.com.

Proses yang dijalani Tom dengan situsnya sungguh tidak pernah diduga sebelumnya. Pada awalnya Tom membeli sebuah motherboard, kemudian mencoba untuk melakukan overclocking dengan motherboard itu. Hasil dari percobaannya dipublikasikan di situs pribadinya. Review ini dibaca oleh teman-temannya. Akibatnya, teman-teman Tom yang akan membeli komponen komputer sering meminta tolong untuk dipilihkan komponen yang terbaik. Tom tidak pernah lupa untuk mereview komponen-komponen tersebut dan memposting pendapatnya di situs pribadinya.

Kegiatan ini lama kelamaan didengar oleh produsen hardware terkemuka. Mereka mulai menghubungi Tom dan mengirimkan produk yang akan diluncurkan untuk diuji oleh Tom. Hasilnya diberikan kepada produsen tersebut untuk dilakukan penyempurnaan.

Akhirnya Tom memberanikan diri meluncurkan situs yang lebih profesional, yaitu www.tomshardware.com. Situs ini menyajikan review hardware terbaru, dan disertai rekomendasi yang mendalam dari Tom. Akibatnya, iklan mulai mengalir ke situs ini, khususnya iklan komponen komputer.
Bisnis ini semakin besar, sehingga memaksa Tom untuk merekrut ahli-ahli elektronika untuk menjadi pegawainya. Tak lama kemudian, kerajaan bisnis Tom telah menggurita. Selain menjadi situs yang direkomendasikan pembuat hardware, Tom juga mendirikan Toms Hardware Publisher yang menerbitkan publikasi di dunia hardware. Semuanya berawal dari keahlian Tom mengutak-atik komponen komputer.

Ada lagi orang yang menjual skillnya di internet. Dia adalah Steve. Pria ini sangat menggemari fotografi, terlebih dengan kamera digital. Sudah 30 tahun lebih dia bergelut dengan teknologi kamera digital. Pada tahun 1997, Steve mendirikan sebuah situs yang memuat tentang review kamera digital, dan artikel-artikel di seputar kamera digital. Situs ini beralamat di www.steves-digicams.com. Model bisnis yang digunakan Steve untuk mencari uang adalah dengan melakukan review semua produk kamera digital secara mendetail, dan disertai clip-clip secara visual untuk memperdalam pemahaman pengunjung tentang kamera yang direviewnya. Di akhir halaman, pengunjung diberikan pilihan untuk berbelanja produk kamera yang sedang direview. Berbeda dengan www.tomshardware.com yang bekerja sama dengan produsen untuk menawarkan produk di halaman reviewnya sehingga pengunjung dapat membeli secara online, www.steves-digicams.com menawarkan produk yang direview melalui beberapa toko online yang terpercaya. Tak lupa disertakan peringkat kredibilitas toko yang menjual produk tersebut. Jadi konsumen tidak hanya dituntun ke sebuah toko online saja, tetapi ke banyak toko online. Pengunjung yang berminat membeli dapat menentukan sendiri, di toko mana dia akan membeli produk yang direview Steve, yang nota bene toko-toko online tersebut sudah dijamin kredibilitasnya oleh Steve. Steve akan mendapatkan komisi dari setiap produk yang terjual di toko online rekanannya. Selain komisi dari toko online rekanannya, Steve juga mendapatkan penghasilan dari donasi yang disediakan di situsnya melalui Paypal.com.

Jika melihat cukup lamanya situs ini berdiri, dari statistik pengunjung yang bisa dilihat di internet, dan beberapa rekomendasi sebagai situs yang terpercaya, penulis memperkirakan omzet bulanan Steve cukup besar, berkisar puluhan sampai ratusan ribu dolar Amerika per bulan.

Bagaimana dengan di Indonesia? Apakah ada yang menjual skillnya di internet? Ada! Namun dengan model bisnis yang berbeda. Mereka adalah sekelompok anak muda yang punya talenta di bidang programming, dan gemar mengutak-atik sistem keamanan komputer. Orang awam menyebut mereka hacker, tetapi mereka lebih senang disebut sebagai Security Consultant atau konsultan keamanan jaringan komputer. Misanya saja, Dany Firmansyah, dari kegemaran mengotak-atik program dan sistem keamanan di jaringan komputer, Dany Firmansyah mencoba untuk membagikan ilmu tentang security jaringan komputer melalui beberapa artikel yang ditulisnya. "Karir"nya melejit saat pemilu dilaksanakan beberapa tahun yang lalu, dimana berawal dari ide untuk memberi masukan kepada KPU bahwa sistem mereka sangat lemah securitynya, Dany mulai "masuk" ke sistem KPU. Sebenarnya ada banyak hacker yang berhasil masuk, karena begitu lemahnya security di sistem KPU, namun karena berbagai alasan, akhirnya Dany ditangkap dan dipenjara selama kurang lebih 6 bulan.

Namun, lewat kejadian ini, pengguna komputer di Indonesia seperti dibangunkan dari mimpi. Begitu banyak sistem dengan level yang begitu penting seperti sistem KPU tidak disiapkan secara matang keamanannya. Kejadian ini juga membuat petinggi KPU segera memperbaiki sistem securitynya. Efek lainnya adalah, selama ditahan di Polda dan Lembaga Pemasyarakatan, banyak pihak yang tertular ilmu komputer dari si Dany. Sejak kejadian ini, isu keamanan jaringan komputer semakin kencang berhembus. Ini pula yang ikut menghembuskan uang ke kantong Dany Firmansyah dan teman-teman yang memiliki keahlian yang sama. Mereka laku keras disewa instansi pemerintah dan swasta sebagai konsultan keamanan jaringan komputer. Tentu saja dengan bayaran yang menggiurkan.

Selain itu, mereka juga sering diundang menjadi pembicara dalam seminar-seminar maupun workshop yang mengusung topik hacking dalam keamanan jaringan komputer. Bayangkan saja, kalau satu seminar saja dia mendapat taruhlah misalnya 500 ribu, berapa tuh penghasilannya dalam sebulan? Hehehe.

Saat ini Dany bersama teman-temannya terus membagikan ilmunya melalui situs www.xnuxer.or.id. Situs ini didedikasikan untuk membantu siapa saja yang ingin memperdalam ilmu tentang keamanan jaringan komputer. Ilmu ini dapat diperoleh secara gratis. Penulis juga berkesempatan berdialog dengan seorang yang dikenal dengan nick name Y3dips. Karena keahliannya di bidang security jaringan komputer, dia sering mendapat tawaran menjadi pembicara dalam seminar dan workshop, serta disewa menjadi konsultan keamanan jaringan komputer. Tentu saja dia mendapatkan bayaran yang lebih dari cukup dari pekerjaan resminya itu. Seperti Dany Firmansyah, Y3dips dan teman-temannya juga membagikan ilmu mereka melalui situs www.echo.or.id. Diantara teman-temannya yang tergabung di Echo, terdapat Bapak S'to yang terkenal dengan bukunya "Seni Internet Hacking: Uncensored".

Menurut pengalaman penulis berinteraksi dengan orang-orang dengan keahlian spesial ini, dan juga interaksi dengan kelompok-kelompok lain melalui milis, penulis mendapatkan benang merah yang cukup menarik. Mereka rata-rata adalah anak muda yang gemar komputer, senang membagikan ilmunya untuk kemajuan bangsa (khususnya di bidang teknologi komputer), dan memiliki kemampuan yang sangat spesial. Mereka juga berlimpah dengan penghasilan. Selain dari ceramah-ceramah dan workshop, mereka juga menjadi konsultan perusahaan-perusahaan besar serta instansi pemerintah, dan sumber penghasilan lainnya adalah melalui buku atau artikel-artikel yang mereka tulis. Dan satu lagi, rata-rata mereka adalah teman satu sama lain. Tujuan dan visi yang mereka bawa sangat mulia, yaitu membangun Indonesia yang "melek" teknologi. Dengan demikian, diharapkan di kemudian hari, Indonesia akan berkembang menjadi negara yang maju, yang memiliki sumber daya manusia yang tangguh di bidang teknologi komputer, memiliki aturan-aturan yang bernafas intelek seperti Cyber Crime Law, dan disegani oleh dunia internasional.

Contoh lain dari orang Indonesia yang menjual keahliannya dengan bantuan internet adalah sekelompok anak muda yang berdomisili di bilangan Tubagus Ismail, Bandung. Berawal dari boomingnya industri wallpaper handphone di Jepang, anak-anak muda berhasil membangun sebuah kelompok bisnis yang bisa dibilang sukses untuk ukuran anak muda.

Anak muda Jepang sedang dilanda trend memasang foto diri sebagai wallpaper di handphone mereka. Seorang anak muda asal Bandung yang berdomisili di Jepang, dan memiliki akses ke operator telekomunikasi terkemuka di Jepang melakukan terobosan bisnis. Anak muda ini melobi operator telekomunikasi di Jepang untuk menjadi content provider yang menyediakan jasa membuat karikatur dari foto-foto yang diambil dari kamera handphone untuk dijadikan wallpaper di handphone. Tawaran ini disambut baik oleh operator telekomunikasi di Jepang.

Anak muda ini segera menghubungi teman-temannya di Bandung, dan mereka segera merekrut mahasiswa-mahasiswa (kebanyakan dari ITB) yang memiliki keahlian olah gambar dengan tools terkemuka seperti Adobe Photoshop untuk dipekerjakan sebagai tenaga paruh waktu.

Proses bisnis yang dibangun sungguh unik. Seorang remaja Jepang yang memiliki gambar hasil jepretan kamera handphonenya ingin membuat karikatur dari foto tersebut untuk dipasang sebagai wallpaper di handphonenya. Dia segera mengirimkan foto tersebut melalui MMS (Multi Media Services - semacam layanan SMS, tapi dapat memuat image) ke sebuah short number yang disediakan operator. File foto tersebut segera terkirim ke server di Bandung melalui jaringan internet. Di Bandung, mahasiswa-mahasiswa yang kerja paruh waktu itu segera memproses foto tadi menjadi sebuah gambar karikatur yang sesuai dengan ukuran layar handphone. Setelah selesai diolah, foto tersebut dikirim kembali ke server operator telekomunikasi di Jepang, dan segera diforward ke handphone si pengirim. Proses ini hanya memakan waktu sekitar 30 menit saja, sudah termasuk proses pengolahan image. Biayanya akan dipotong dari pulsa handphone si pengirim.

Berapa penghasilan yang mereka dapatkan? Dari wawancara dengan sebuah majalah telekomunikasi terkemuka, mereka menyebutkan bahwa seorang mahasiswa tenaga paruh waktu dapat membawa pulang uang 2 sampai 3 juta per bulan dari hasil kerjanya mengolah gambar. Padahal ada puluhan mahasiswa yang kerja paruh waktu di kantor mereka. Belum lagi biaya sewa bandwith sebagai sarana koneksi antara server mereka di Bandung dengan server operator telekomunikasi di Jepang. Anda dapat hitung sendiri perkiraan angkanya.

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menemukan keahlian apa yang benar-benar kita kuasai. Sebaiknya keahlian itu berawal dari kegemaran. Gemar sampai taraf "kecanduan" atau addict sangat membantu. Itu berarti, kita betul-betul menguasai suatu ilmu luar dalam.

Langkah berikutnya adalah membentuk komunitas, atau bergabung dengan komunitas yang sudah ada. Mailing list adalah jalan yang paling baik. Dengan bergabung dengan sebuah atau beberapa kelompok diskusi yang sejalan dengan keahlian kita, akan membantu kita untuk mengetahui, sejauh apa keahlian yang kita miliki.

Usahakan untuk terlibat aktif dalam forum diskusi atau mailing list. Dengan demikian, anggota forum atau milis bisa mengerti keberadaan kita dan keahlian yang kita miliki. Setelah dirasa cukup "menguasai" forum atau milis, mulailah kita "memproklamirkan" menjual skill yang kita miliki. Pasar terdekat adalah anggota forum atau milis.

Ada banyak model bisnis yang bisa kita gunakan. Jika berawal dari forum atau milis, sebaiknya kita kasih gratis dulu lah. Kan mereka juga yang membantu menambah ilmu kita. Prinsip yang perlu dipegang adalah jangan terlalu rakus untuk mencari duit. Kalau keahlian kita diperlukan, duit akan datang sendiri kok. Apalagi kalau keahlian kita berasaldari forum atau milis. Lain halnya kalau keahlian kita benar-benar menonjol dan kita yakin kalau kita berada di level atas dari komunitas orang-orang yang memiliki keahlian yang sama, maka kita boleh langsung pasang harga tinggi.

Bisnis menjual keahlian ini merupakan bisnis yang melibatkan perasaan. Bukan uang yang dikejar, melainkan kepuasan batin yang mengasah ilmu. Waktu telah membuktikan, bahwa orang-orang yang lebih mementingkan pendapatan atau bayaran akan dijauhi. Tetapi orang-orang yang mementingkan keahlian dan pertemanan akan bertahan dan semakin dicari.
Atau Anda dapat membangun sebuah model bisnis yang unik, seperti yang dilakukan oleh anak-anak muda dari Bandung seperti yang diceritakan di atas. Semuanya dapat dilakukan dengan bantuan internet. Anda siap untuk menjual skill Anda?

MEMBUAT DAN MENJUAL SOFTWARE

Kalau kita melihat daftar orang-orang (baca: perusahaan) terkaya dari seluruh dunia yang dimuat oleh majalah Fortune, atau melalui situsnya di www.fortune.com, maka kita akan melihat nama-nama yang tidak asing di dunia komputer yang selalu tercantum dalam daftar fortune 500 dari tahun ke tahun. Sebut saja Microsoft, Oracle, Autodesk, Adobe, dan Apple. Ada banyak perusahaan software yang termasuk dalam perusahaan terkaya di dunia. Tapi penulis menganggap hanya 5 perusahaan ini yang menjadi raksasa industri software (perangkat lunak). Kenyataan ini secara otomatis membawa nama pemilik atau pemegang sahamnya menjadi orang-orang kaya dengan jumlah harta yang tidak terbayangkan oleh orang awam.
Mengapa penulis hanya membahas 5 perusahaan di atas? Karena mereka berhasil menciptakan killer application yang membuat mereka sulit disaingi di bidangnya. Mari kita bahas satu per satu.

Microsoft, adalah perusahaan pembuat sistem operasi dan aplikasi yang paling banyak dipakai di dunia. Produk mereka begitu dikenal, bahkan oleh anak SD sekalipun. Sebut saja, keluarga sistem operasi windows. Mulai dari DOS, Windows 95, Windows XP, Windows 98, Windows 98SE, Windows ME, Windows 2000 Profesional, Windows NT (untuk server), Windows 2000 Server, dan sebagainya. Mereka juga memiliki killer application, yaitu Microsoft Office yang terdiri dari Word (word processor), Excell (spreadsheet), Access (database), dan Power Point (presentation). Mereka juga memiliki aplikasi lainnya yang familiar seperti Microsoft Project dan Visio Technical Tools. Mereka juga memiliki aplikasi untuk web server yang terkenal yaitu PWS (Personal Web Server) dan IIS (Internet Information Services). Sedangkan di bidang database server, mereka memiliki Microsoft SQL Server. Di bidang teknologi mobile untuk smart phone dan PDA (Personal Digital Assistant), mereka memiliki sistem operasi Microsoft Mobile yang merupakan pengembangan dari Windows CE. Untuk produk lainnya, Anda dapat melihatnya di Microsoft.com.

Bagaimana dengan Oracle? Oracle adalah pemimpin industri software di bidang Enterprise Management System. Di bidang ini Oracle dibayang-bayangi oleh SAP dari Jerman. Mulai dari Supply Chain Management System, Project Management System, Procurement System, Financial Management System, Human Capital Management System, Customer Relationship Management System, sampai ke Corporate Performance Management System. Semuanya terintegrasi dalam satu system besar berskala enterprise.

Oracle juga memiliki software database server, yang sampai hari ini telah sampai pada versi Oracle 10 g. Selain itu, Oracle juga mengakuisisi perusahaan sejenis yang berkonsentrasi di pasar skala menengah, yaitu PeopleSoft dan pembuat software Customer Relationship Management yang terkenal yaitu Siebel Systems. Ini dapat dilihat dari situsnya di Oracle.com.
Begitu besarnya kekayaan Oracle membuat pemiliknya, Larry Ellison sanggup membeli sebuah pesawat tempur untuk dipakai secara pribadi, dan sebuah yach (kapal pesiar) yang sangat mewah.
Perusahaan software ketiga yang begitu melegenda adalah Autodesk. Nama Autodesk sendiri mungkin kurang begitu familiar di telinga orang awam yang hanya menggunakan komputer untuk bermain di internet atau menulis dokumen dengan Microsoft Word. Tapi di kalangan designer, khususnya designer yang menggunakan teknologi CAD/CAM (Computer Aided Design/Computer Aided Manufacturing) pasti mengenal aplikasi yang bernama AutoCAD. Mulai dari insinyur sipil, arsitek, para ahli di bidang teknik industri, elektronika, dan semua yang bergelut di bidang design teknik, pasti mengenal dan menggunakan produk-produk dari Autodesk.

Selain killer application yang mereka miliki, yaitu AutoCAD, Autodesk juga memiliki produk-produk penting lainnya (masih di bidang CAD/CAM) yaitu Autodesk 3ds Max, Autodesk Raster Design, Autodesk Architectural Desktop, Autodesk Revit Structure, dan sebagainya. Anda dapat melihat lini produk mereka secara lengkap di Autodesk.com.

Perusahaan keempat yang menjadi raksasa di bidangnya adalah Adobe. Adobe Systems merupakan penguasa software di bidang rekayasa foto dan image serta video. Mereka memiliki killer application yang begitu fenomenal, yaitu Adobe Photoshop. Satu lagi killer application yang dibuat oleh Adobe adalah Adobe Acrobat yang dapat menghasilkan file PDF (Portabel Data File). File ini ciptaan dari Adobe, yang memungkinkan dihasilkannya file image yang bersifat read only dan berukuran kecil. Adobe juga membuat aplikasi yang digunakan untuk membaca file PDF, yaitu Adobe Acrobat Reader.

Berdasarkan situs mereka di Adobe.com, mereka memiliki lini produk yang lengkap di bidang digital imaging dan video editing seperti keluarga Adobe Acrobat, keluarga Adobe Photoshop, keluarga Adobe Premiere (untuk film dan video), Adobe Illustrator, Adobe InDesign, Adobe PageMaker, Adobe GoLive, dan Adobe After Effects.

Yang lebih hebat lagi, Adobe telah mengakuisisi pembuat software terkemuka lainnya, yaitu Macromedia. Padahal Macromedia juga memiliki killer application seperti Macromedia Flash, Macromedia Dreamweaver, Macromedia Fireworks, Macromedia Freehand, Macromedisa Director, dan Macromedia ColdFusion. Situs Macromedia.com pun sudah bergabung dengan situs Adobe.com. Anda bisa bayangkan, industri digital imaging dan video editing telah dikuasai sepenuhnya oleh Adobe.

Perusahaan terakhir yang begitu fenomenal adalah Apple. Perusahaan milik Steve Jobs dan Steve Wozniak ini begitu terkenal di dunia dengan sistem operasi MacOS-nya. Konon sistem operasi ini sangat tangguh dan sangat hebat, sehingga Microsoft berusaha menirunya. Fasilitas plug and play yang digembar-gemborkan Microsoft pada sistem operasi windows 95 dan 98 miliknya, telah lama digunakan pada sistem operasi Mac buatan Apple. Namun, karena meniru, Microsoft tidak begitu sukses dengan teknologi plug and play di awal kemunculan Windows. Sampai-sampai saat itu muncul jargon, kalau menggunakan Apple, kita bisa plug and play (tancapkan dan mainkan). Tapi kalau menggunakan Microsoft Windows, kita harus plug and pray (tancapkan dan berdoa agar sistem bisa berjalan dengan baik).

Selain terkenal dengan sistem operasinya, Apple juga terkenal dengan aplikasi Quick Time-nya. Aplikasi ini dapat menjalankan file mov, yaitu file movie ciptaan Apple yang dapat langsung dijalankan di komputer tanpa menambahkan file-file system yang lain. Saat itu belum muncul format MPEG dan format video lainnya, sehingga file mov merupakan satu-satunya file video (saat itu) yang dapat dinikmati secara langsung di komputer. Sampai saat ini, file mov dan sistem operasi MacOS masih sangat digemari di dunia.

Apple juga sangat terkenal dengan hardwarenya. Untuk bidang yang satu ini, Apple tidak tertandingi dalam hal design perangkat kerasnya. Siapa tidak mengenal iPod? Perangkat pemutar MP3 ini begitu populernya, bahkan disebut-sebut sebagai barang terpopuler abad ini. Apple juga yang pertama kali memperkenalkan casing komputer yang fungky pada jajaran komputer iMac-nya. Design laptop iBook dan PowerBook milik Apple juga tidak terbantahkan popularitasnya. Namun Apple tidak hanya memuaskan publik dengan design luarnya saja, tapi juga dengan kinerja sistem yang nomer satu. Untuk sistem operasi, MacOS memang tidak dipakai sebanyak Windows. Tapi soal ketangguhan dan kehandalannya, MacOS tidak terbantahkan. Industri image dan video juga tidak mau beralih ke platform PC, dan masih tetap mempercayakan kebutuhan mereka kepada sistem-sistem buatan Apple seperti PowerMac, atau yang lebih dikenal dengan sebutan MacIntosh ini.

Satu lagi produk Apple yang sangat fenomenal, yaitu Mac Mini. Sebuah kotak putih yang sangat manis ini ternyata sebuah komputer Mac dengan rangkaian sistem yang sangat handal. Anda hanya perlu menambahkan monitor, keyboard, dan mouse ke "kotak" ini, dan Anda sudah memiliki sebuah komputer Mac!

Jika Anda tertarik untuk mencari tahu, berapa banyak uang dan aset yang dimiliki oleh perusahaan-perusahaan di atas, atau harta yang dimiliki oleh pemilik dan pemegang sahamnya, Anda dapat mengunjungi situs masing-masing atau mencari data-datanya dengan mudah di internet.

Pembuat software perorangan
Apakah pembuat software skala besar saja yang bisa sukses di internet? Nah, ini dia! Ternyata sangat banyak individu-individu berotak cemerlang, yang sukses besar membuat software sederhana dan menggunakan internet untuk menghasilkan uang yang berlimpah. Shawn Fanning adalah seorang remaja berusia 19 tahun yang menggegerkan dunia internasional karena kejeniusannya. Pada tahun 1999, Shawn adalah mahasiswa baru di Boston's Northeastern University. Pada awalnya Shawn merasa kesulitan mendapatkan file-file lagu MP3 yang digemarinya di internet. Shawn mendapat ide untuk membuat aplikasi komputer yang memungkinkan pengguna komputer berbagi pakai file-file (MP3) yang ada di dalam hardisk komputernya secara online melalui internet. Aplikasi buatannya segera diupload ke situs miliknya, yaitu www.napster.com. Hanya dalam waktu singkat sejak diluncurkan, aplikasi napster sudah dipakai oleh ratusan ribu orang di seluruh dunia. Mereka berbagi pakai file-file MP3 yang berisi lagu-lagu yang mereka sukai dari komputer masing-masing.

Kenyataan ini sangat mengganggu pelaku industri musik yang sudah mapan, karena penjualan CD-nya terganggu. Orang lebih memilih mendengarkan lagu dari hardisk komputer orang lain daripada membeli CD untuk didengarkan di komputernya. Disebutkan bahwa dalam tahun 1999, kerugian industri musik dunia akibat aplikasi napster adalah 300 juta dolar Amerika. Band terkenal seperti Metalica juga menuntut Shawn menghentikan menyebarkan aplikasinya di internet. Akibat kejadian ini, Shawn sempat dipenjara dengan tuduhan membajak karya lagu orang lain.

Namun, dunia tidak bisa melawan teknologi. Akhirnya Shawn dibebaskan dengan syarat harus menyempurnakan aplikasinya agar kepentingan industri musik dan artis-artis dunia lainnya terlindungi. Sampai saat ini www.napster.com masih tetap beroperasi, namun dengan sistem yang lebih memperhatikan copyright sebuah lagu.

Fenomena napster segera menjamur di kalangan anak muda penggila teknologi. Teknologi sejenis segera bermunculan seperti jamur di musim hujan. Salah satu yang cukup terkenal adalah Kazaa yang dapat mendownload di situsnya www.kazaa.com

Namun di beberapa negara seperti Australia, Kazaa dilarang digunakan. Kita lihat saja, apakah kecanggihan teknologi dan revolusinya mampu dicegah atau tidak. Aplikasi sejenis yang cukup terkenal dan banyak digunakan adalah BitTorrent. Aplikasi ini dapat didownload di situsnya www.bittorrent.com. Seperti napster dan kazaa, bitorrent juga mempunyai aplikasi P2P (Peer to peer) sharing yang memungkinkan pengguna berbagi file di hardisk masing-masing melalui jaringan internet.

Aplikasi BitTorrent ini sekarang malah disertakan dalam distro-distro Linux seperti Ubuntu dengan sedikit modifikasi untuk keperluan berbagi file.
Dari mana Shawn Fanning serta pemilik Kazaa dan Bittorrent mendapatkan uang? Saat ini napster mulai menjual lagu sesuai dengan aturan main industri musik dunia, yaitu dengan cara menjualnya per download. Untuk Kazaa, jika Anda menggunakan versi gratisnya, maka Anda akan disodori iklan-iklan dari pemasang iklan. Jika Anda tidak ingin direpotkan dengan iklan, maka Anda dapat membeli versi berbayarnya.
Sedangkan untuk BitTorrent, pembuatnya memperoleh uang dari donasi melalui Paypal. Penulis pernah membaca artikel yang menyebutkan bahwa pembuat BitTorrent diwawancarai tentang penghasilannya dari aplikasi buatannya, dan dia menjelaskan bahwa uang hasil donasi dapat membuatnya bersama istri dan anaknya yang masih balita hidup mewah di Amerika selama 6 tahun tanpa bekerja apapun!

Begitu banyaknya versi dan jenis aplikasi sharing ini, sampai-sampai tersedia portalnya. Anda dapat mengunjungi www.zeropaid.com untuk memilih aplikasi sharing yang Anda sukai.

Aplikasi lain yang dibuat dan dijual melalui internet adalah internet Download Manager. Ada banyak program untuk download yang ditawarkan, tapi IDM (Internet Download Manager) tetap menjadi yang paling populer dan profesional. IDM tidak pernah ditawarkan secara gratis, namun berbayar. Pengalaman penulis, menggunakan trial 30 hari, saat download begitu lambat, untuk membuka sebuah halaman situs begitu lama, penulis mencoba mendownload sebuah video berukuran 72 MB, ternyata hanya dalam waktu 2 menit sudah selesai didownload.

Hebatnya lagi, saat penulis mencoba mencari tahu serial numbernya di internet, tidak pernah ada yang cocok. Setelah 30 hari selesai, IDM benar-benar tidak bisa digunakan. Diinstal ulang maupun diistanl di komputer lain pun tidak bisa digunakan. Ini sebuah security yang baik dari si pembuat.

Yang membuat penulis terkagum-kagum adalah, begitu versi terbaru muncul, penulis tidak pernah bisa menemukan versi sebelumnya di internet. Walau dicoba dicari di situs-situs minor, atau di situs-situs "hitam". tetap menuju ke versi terbarunya.

Tonec Inc., sebagai pembuat IDM sangat berpengalaman dalam pemrograman jaringan dan pemrograman file-file libraries sejak tahun 1990. IDM dapat diintegrasikan dengan semua browser dan bekerja pada semua jenis proxy server. IDM telah mendapatkan penghargaan dari 17 organisasi yang mereview IDM.

Dalam bekerja, IDM akan membagi-bagi file yang didownload dalam banyak segmen yang lebih kecil, kemudian mendownloadnya secara bersama-sama dan simultan. Kita dapat menghentikan atau mempause proses download, dan meneruskannya besok kalau kita tidak punya waktu banyak. Pengguna IDM diklaim lebih dari 100 ribu orang di seluruh dunia. Harga yang ditawarkan untuk versi terbaru adalah 24,95 dolar Amerika per copy. Jadi bisa dihitung secara kasar, uang yang sudah mengalir ke kantong pembuatnya sekitar 2,495 juta dolar Amerika atau sekitar 24.950.000.000 rupiah.

Si jenius yang low profile
Anda pernah mengalami hardisk yang crash karena bad sector? Apa yang Anda lakukan? Membuangnya dan membeli yang baru mungkin. Atau bagi Anda yang gemar otak-atik aplikasi untuk mengakali bad sector, Anda akan bekerja semalaman agar hardisk Anda dapat digunakan kembali. Situasi akan lebih menjengkelkan kalau hardisk tersebut memuat data-data yang penting bagi Anda.

Cara lain yang mungkin Anda tempuh adalah membawanya ke jasa data recovery, mengambil datanya, dan membuang hardisknya. Namun tidak demikian dengan seseorang yang bernama Dmitry Primochenko. Berkat kejeniusannya, dia telah menemukan rangkaian algoritma yang memungkinkan perubahan susunan logika sebuah hardisk sehingga semua sector dapat digunakan kembali seakan -akan menjadi sector yang baru sama sekali. Program buatannya ini, dinamakan HDD Regenerator. Sejak dipublikasikan, banyak aplikasi sejenis yang diklaim memiliki kemampuan yang sama dengan HDD Regenerator buatan Dmitry Primochenko. Namun terbukti, program buatan Dmitry tidak ada tandingannya. Kebalikan dengan aplikasinya yang begitu terkenal, sangat sulit menemukan biografi atau data-data tentang siapa Dmitry Primochenko. Meskipun program buatannya dijual secara online di internet, namun bukan Dmitry sendiri yang mengurus toko onlinenya, melainkan dia limpahkan kepada perusahaan lain untuk menjual program buatannya. Penulis menduga, Dmitry menghindari publikasi dengan alasan-alasan tertentu.

Situs resmi yang menjual HDD Regenerator buatan Dmitry Primochenko adalah DPOSoft.Net. Di sini HDD Regenerator dijual dengan harga 59,95 dolar Amerika per copy. Penulis pernah mencoba versi "bajakan"nya, namun tidak dapat digunakan. Disinilah kejeniusan Dmitry dibuktikan.

Selain HDD Regenerator, Dmitry juga membuat XLS Regenerator dan DOC Regenerator yang dijual di situs yang sama dengan harga masing-masing 49,99 dolar Amerika per copy. XLS dan DOC Regenerator dapat digunakan untuk mengembalikan dokumen DOC (Microsoft Word) dan XLS (Microsoft Excel) yang sudah dihapus, corrupted (filenya hilang sebagian strukturnya), overwritten (tertimpa tulisan lain), bahkan jika dokumen-dokumen tersebut berada dalam hardisk yang sudah diformat ulang atau hilang partisinya! Program ini dapat bekerja untuk semua versi Microsoft Word dan Excel, mulai dari versi 6.0, 95, 97, 2000, maupun XP dan pada sistem file FAT maupun NTFS.

Telepon gratis
Pernah dengar kata "Skype"? Belum? Wah, Anda tertinggal informasi. Skype adalah kabar gembira bagi pengguna telepon, sekaligus menjadi kabar buruk bagi operator telekomunikasi di seluruh dunia. Sama seperti napster, yang menjadi kabar baik bagi penggemar musik, tapi kabar buruk bagi industri musik dan penyanyi di seluruh dunia. Dengan skype, kita dapat menggunakan komputer kita menjadi sebuah "telepon" untuk menghubungi siapa saja dan dimana saja di seluruh dunia secara GRATIS.

Skype dibuat oleh pembuat Kazaa, yaitu Niklas Zennstrom, seorang warga Swedia berusia 39 tahun dan Janus Friis, seorang warga negara Denmark berusia 29 tahun. Keduanya mengembangkan skype berbasis program peer to peer dari Kazaa.

Yang mengagumkan dari skype, sekaligus menakutkan adalah kemampuannya untuk menghubungi nomor telepon apapun dan dimanapun, termasuk telepon selular, telepon rumah (PTSN), maupun telepon satelit. Semuanya dilakukan secara gratis. Syaratnya hanya perlu menginstal program skype di komputer pengguna. Dari mana pemasukan para pembuat skype? Mereka mendapat suntikan dana yang besar dari para pemodal yang tergabung dalam venture capital dengan imbalan sebagian saham perusahaan. Selain itu mereka juga memasukkan iklan pada setiap copy Skype yang didownload oleh user. Selain itu Skype mulai merambah bisnis voucher telepon, dimana pembeli voucher dapat menggunakan telepon apa saja dan dari mana saja untuk melakukan panggilan ke mana saja, dan biaya dial yang sangat murah dibebankan ke voucher yang sudah dibeli. Voucher ini tersedia dalam berbagai macam mata uang di hampir semua negara. Namun untuk Indonesia, layanan voucher ini masih belum bisa digunakan.

Mobile application
Ada lagi industri software skala kecil yang ternyata menawarkan nilai pasar yang cukup menggiurkan, yaitu industri aplikasi mobile yang digunakan di handphone atau PDA. Beberapa orang Indonesia telah menikmati kue bisnis aplikasi mobile ini, seperti Kendro Hendra pemilik www.intouch.co.id misalnya. Selain membuat aplikasi-aplikasi untuk perbankan, ternyata intouch jgua banyak membuat aplikasi mobile untuk handphone dan PDA seperti etravel, AirQuote dan eNote Atau mungkin Anda tertarik untuk belajar membuat aplikasi untuk handphone dan PDA, tapi tidak tahu harus belajar dari mana? Nokia menyediakan situs yang menjadi portal bagi developer yang ingin membuat dan mengembangkan aplikasi untuk handphone-handphone Nokia. Situs itu adalah Nokia.com/Developers.

Di sini Anda dapat menemukan tutorial cara pembuatan aplikasi mobile atau game berbasis Java. Anda juga dapat bergabung dalam club developer Nokia dan menawarkan aplikasi buatan Anda di bagian marketplace. Tentu saja Anda akan mendapatkan uang dari setiap aplikasi yang didownload oleh user. Dan jika Anda beruntung, aplikasi Anda akan dipakai oleh Nokia sebagai aplikasi standar untuk handphone mereka. Seperti yang dialami Kendro, salah satu aplikasinya digunakan sebagai aplikasi standar pada handphone Nokia seri 9xxx.

Potensi pendapatan
Bisnis aplikasi online dan mobile sangat pesat perkembangannya. Apalagi trend yang ada adalah go-online dan go-mobile. Pasar di seluruh dunia diperkirakan menembus angka miliaran dolar Amerika per tahun. Untuk pasar Indonesia sendiri, diperkirakan akan semakin besar, seiring pesatnya pengguna handphone dan pengguna akses internet yang masing-masing menembus angka 30 juta dan 1 juta orang tahun ini.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa, apakah Anda memiliki kemampuan programming atau tidak. Jika ya, itu adalah modal terbesar. Selanjutnya, gunakan ide dan kreativitas Anda untuk membuat sebuah program atau aplikasi yang memiliki nilai tambah yang tinggi. Artinya, aplikasi yang Anda buat harus dibutuhkan oleh user dan menguntungkan user jika dia memakainya.
Untuk model bisnisnya, ada 2 model bisnis yang bisa Anda gunakan, yaitu gratisan dan berbayar.

Untuk aplikasi yang ditawarkan secara gratis, memiliki berbagai keunggulan. Diantaranya orang dengan senang hati mendownload dan mencoba memakainya karena gratis, kita tidak dipusingkan dengan security karena orang bebas mendownload, kita juga tidak dipusingkan dengan masalah copy-mengcopy. Semakin banyak aplikasi kita dipakai (dengan cara apapun) semakin baik.

Untuk aplikasi yang ditawarkan secara gratis, terlebih dahulu kita harus mencari pemasang iklan yang mau memasang iklannya di aplikasi yang kita buat, misalnya memasang logo atau sebuah link yang jika diklik akan membawa user ke situs pemasang iklan.

Untuk aplikasi yang berbayar, kita dapat menjualnya secara online dengan menggunakan layanan payment gateway seperti www.ccnow.com atau www.2co.com. Hanya saja kita akan dipusingkan dengan masalah copy mengcopy dan bajak-membajak. Kejeniusan Dmitry Primochenko dan pembuat IDM dapat ditiru untuk menanggulangi masalah ini, yaitu copy protect software yang tidak mudah dibobol atau dicrack, jadi mau tidak mau kalau ingin memiliki software buatan kita ya harus membelinya, karena versi bajakannya tidak akan bisa bekerja sama sekali.

Kita juga dapat mengkombinasikan keduanya. Kita menyediakan dua versi, yaitu versi gratis dan versi berbayar. Versi gratis memiliki feature standar, sedangkan versi berbayar memiliki feature yang lebih lengkap. Untuk versi gratis, kita gunakan iklan untuk mendapatkan uang, sedangkan versi berbayar kita bebaskan dari iklan. Jika user yang menggunakan versi gratis telah puas dan ingin mengupgrade ke versi berbayar, mereka dapat membelinya secara online. Ayo, kembangkan ide dan kreativitas Anda seluas-luasnya!

MENJUAL JASA DI INTERNET

Banyak hal yang bisa dilakukan dengan internet, termasuk dalam hal menjual jasa. Ada banyak sekali jasa yang ditawarkan lewat internet. Namun yang ingin dibahas oleh penulis adalah jasa yang ditawarkan melalui internet sekaligus jasa yang bisa dilakukan dengan atau dari internet.

Jika kita tinggal di negara maju, maka sudah tersedia infrastruktur telekomunikasi dan internet yang begitu canggih dan bandwith yang sangat lebar. Semua itu dapat diperoleh dengan harga yang sangat murah, karena begitu besarnya perhatian pemerintah terhadap fasilitas umum ini. Di negara kita tidak demikian. Banyak kekurangan di sana sini, dan urusan perut lapar lebih mendominasi daripada hal-hal lain yang sebenarnya penting, seperti fasilitas umum dan infrastruktur yang baik. Namun di sinilah kesempatan mengembangkan diri itu tersedia.

Jika di negara maju, ide apapun bisa dengan mudah direalisasikan secara perorangan, tidak demikian di negara kita. Penulis mencoba mencari informasi tentang situs-situs yang menjual jasa secara perorangan, sangat sulit ditemukan. Di negara maju, banyak situs yang menyediakan segala macam bantuan secara gratis, dan dengan akses serta response yang begitu cepat.
Ada beberapa ide yang bisa dijadikan acuan untuk menjual jasa secara online di negara kita. Berikut ini diantaranya.

- Jasa download.
Infrastruktur internet yang tersedia tidak mampu memenuhi kebutuhan bandwith yang semakin besar. Hal ini menyebabkan banyak hal tidak bisa dilakukan, apalagi di daerah-daerah yang tidak terjangkau jaringan internet. Misalnya untuk mendownload driver yang diperlukan komputer kita, mendownload bahan-bahan belajar atau presentasi yang berukuran besar, mendownload file-file lagu dan video, mendownload aplikasi-aplikasi gratis yang berukuran besar, maupun mendownload software-software baru, baik untuk dibeli secara online maupun untuk versi trialnya.

Bagi yang beruntung bisa menikmati layanan internet broadband dengan bandwith yang cukup lebar, Anda bisa memanfaatkannya untuk membuka jasa download di internet. Biaya koneksi broadband biasanya dipatok sekian kilobyte bandwith per bulan dengan akses unlimited.

Biasanya yang dicari orang untuk didownload adalah berbagai macam driver komputer, software-software versi trial dan evaluation seperti berbagai macam distro LINUX, file-file komponen untuk pemrograman, file-file plug-in atau add-in, file-file mp3 gratis, video-video gratis, dan sebagainya.

Untuk mempercepat proses download, Anda dapat menggunakan berbagai macam program download manager seperti internet download manager atau internet download accelerator. Kedua aplikasi ini memungkinkan kita "menyambung" kembali proses download yang sempat terputus.

File-file yang sudah didownload dapat diburn dalam CD, kemudian dikirim ke pemesannya melalui pos. Anda dapat menentukan sendiri berapa harga jasa download yang akan Anda tawarkan. Bisa berdasarkan besarnya ukuran file yang didownload, atau berdasarkan jumlah CD yang dikirim.

Namun ada hal yang perlu Anda waspadai. Hindari menerima permintaan download yang bertentangan dengan hak cipta. Bukan kenapa-kenapa sih, namun seperti diketahui bersama, tidak semua aparat hukum paham tentang teknologi, konsep-konsep freeware (aplikasi yang dibagikan secara gratis), shareware, maupun open source, bahkan banyak yang buta sama sekali. Ini bisa menjadi masalah buat Anda. Apalagi dengan adanya budaya "semua bisa jadi uang".

File-file yang "aman" untuk didownload adalah driver komputer, berbagai macam distro LINUX dan software open source, software-software yang ditawarkan secara gratis (freeware) dan shareware (Anda dapat mencobanya, jika tertarik baru membeli), software-software versi trial dan versi evaluation, dan aplikasi-aplikasi plug-in serta add-in yang biasanya ditawarkan secara gratis.

Anda dapat menerima pembayaran dengan cara transfer bank, atau mau sekalian menggunakan payment gateway, terserah Anda. Sedangkan untuk menerima pesanan, Anda dapat menggunakan form online yang langsung terkirim ke email atau ke handphone Anda. Anda dapat meminta web developer Anda untuk melakukan hal ini.

Jasa terjemahan
Anda punya kemampuan berbahasa asing yang baik? Anda dapat menawarkan jasa terjemahan melalui internet. Ada banyak kebutuhan jasa terjemahan ini, khususnya bagi pelajar dan mahasiswa yang harus mencari bahan ajar dari buku-buku atau artikel-artikel berbahasa asing. Selain untuk bahasa Inggris, penterjemah bahasa Jerman, Jepang, Korea dan Mandarin banyak dicari.

Anda tidak perlu menjadi penerjemah yang disumpah, yang berhak menerjemahkan dokumen-dokumen yang memiliki aspek hukum yang kental, namun cukup menerjemahkan artikel-artikel ringan saja yang tidak memiliki aspek hukum di dalamnya.

Anda dapat menggunakan berbagai macam software terjemahan untuk memudahkan pekerjaan Anda, seperti Transtool atau Anda juga dapat menggunakan layanan terjemahan online seperti yang dimiliki oleh Google.com, Altavista, maupun www.toggletext.com.

Jasa desain grafis
Jika Anda memiliki kemampuan desain grafis yang baik, Anda harus tahu, bahwa ada banyak sekali kebutuhan akan tenaga ahli di bidang ini. Namun ada banyak sekali perusahaan yang enggan untuk merekrut pegawai tetap karena sifat dari pekerjaan yang insidentil.
Ini peluang besar bagi Anda yang memiliki kemampuan bekerja dengan aplikasi grafis seperti Corel Draw, Photoshop, Flash, AnimationShop, maupun AutoCAD.

Kebutuhan pembuatan logo perusahaan, leaflet, brosur-brosur, animasi, dan gambar teknis sangat besar. Meskipun bersifat insidentil, namun sangat sering dicari. Banyak sekali perorangan yang bekerja dengan cara project seperti ini, namun hampir tidak ada yang menawarkannya secara online di internet. Ada satu perusahaan yang penulis temukan di intenet, yang menawarkan jasa desain grafis secara online, yaitu www.sam-design.com. Perusahaan ini memiliki client yang sangat beragam, mulai dari perorangan sampai perusahaan besar seperti coca-cola dan Garuda Indonesia mempercayakan kebutuhan desain grafisnya kepada Sam-Design. Mereka juga memiliki perwakilan di luar negeri untuk melayani pasar luar negeri seperti di Australia, New Zealand, Norwegia, dan Amerika Serikat.

Jasa konsultasi
Jasa konsultasi seperti konsultasi kesehatan, psikologi dan konsultasi hukum banyak dicari di internet. Cukup banyak permintaan bantuan konsultasi yang ringan seperti meminta prosedur pendirian perusahaan atau pertanyaan-pertanyaan seputar kesehatan yang bisa Anda layani. Konsultasi tentang desain rumah misalnya, bisa Anda jual secara online disertai gambar-gambar arsitektur yang menarik.

Tidak semua kebutuhan konsultasi pelanggan yang bersifat pertanyaan ringan dapat ditemukan jawabannya di internet. Inilah peluang Anda untuk membisniskannya. Perlu Anda ketahui, orang membuka internet karena dia membutuhkan jawaban atas pertanyaan yang muncul. Namun tidak semua pertanyaan itu ada jawabannya. Orang bilang di internet semua ada jawabannya. Bisa dibilang benar. Tapi menemukan di mana jawaban itu berada, merupakan masalah tersendiri.

Model bisnis yang bisa digunakan adalah model bisnis membership (bebas bertanya) atau membayar per pertanyaan. Mungkin Anda tidak pernah menyangka akan menemukan sebuah situs yang beralamat di www.virtual-lawyer.net. Ya, dugaan Anda tidak salah. Situs ini adalah situs pengacara Witzell & Zoeller yang menawarkan jasa konsultasi melalui internet. Dan situs-situs seperti ini banyak sekali di luar negeri. Anda mungkin bisa mencoba mendirikan dan meniru hal seperti ini di Indonesia.

Tips yang perlu diperhatikan
Hal pertama yang harus Anda temukan adalah apa yang menjadi keahlian Anda. Keahlian inilah yang bisa Anda tawarkan secara online di internet. Jangan pernah berpikir untuk menggunakan keahlian orang lain yang tidak Anda kuasai, kemudian menawarkannya di internet. Hal berikutnya yang harus Anda perhatikan adalah kepercayaan dan nama baik. Bisnis ini berjalan di atas dasar kepercayaan dari pelanggan dan nama baik si penjual jasa. Intinya adalah bahwa Anda harus berbuat sedemikian rupa supaya calon pelanggan Anda percaya bahwa Anda seorang yang kualified dan tidak berjiwa penipu. Buatlah artikel-artikel tentang bidang yang Anda tawarkan sehingga pengunjung dapat mengukur penguasaan Anda tentang bidang yang Anda tawarkan. Jika mereka merasa pengetahuan Anda cukup dalam dan ahli, maka mereka akan mantap untuk berkonsultasi dengan Anda.

Anda juga harus menjaga nama baik Anda dengan cara menomersatukan setiap keluhan atau kepentingan pelanggan Anda. Sekali saja pelanggan merasa dikecewakan, maka bisnis Anda akan habis.

Hal ketiga adalah masalah rekomendasi. Akan jauh lebih baik jika situs Anda atau jasa yang Anda berikan telah mendapatkan berbagai penghargaan. Anda bisa mencantumkan penghargaan tersebut di situs Anda, sehingga menambah nilai jual jasa yang Anda tawarkan. Cara pembayaran akan lebih baik jika Anda menggunakan payment gateway, sehingga pelanggan bisa membayar secara online. Berikan discount atau kesempatan berkonsultasi secara gratis sebagai program promosi Anda. Siap menerima tantangan? Ingat, di sini pelanggan adalah RAJA.

MENJUAL DATA

Jangan berpikiran buruk dulu! Menjual data yang penulis maksudkan disini bukan menjual data-data secara ilegal. Tetapi menjual data secara legal. Memangnya ada? Ada dong.

Ada beberapa model bisnis yang menggunakan data sebagai komoditi untuk diperjualbelikan. Perusahaan terkenal yang mendulang uang dari data adalah Nielsen Media Research (www.nielsenmedia.com). Perusahaan ini adalah bagian dari perusahaan riset dan konsultan terkemuka AC Nielsen (uang selanjutnya berubah menjadi Accenture).

Komoditi andalan dari Nielsen Media Research adalah data-data hasil survey yang mereka lakukan. Pekerjaan utama mereka memang melakukan survey. Dan data hasil survey ini yang mereka jual.

Mungkin Anda tidak percaya, bahwa hampir semua media televisi dan media cetak di Indonesia menggunakan data-data yang dibeli dari perusahaan ini untuk mengetahui "peta pertempuran" di industri masing-masing. Misalnya pasar TV bulan Juli 2008 penjualan terbanyak dipegang oleh merek apa, berapa jumlahnya dan sebagainya.

Selain data-data penjualan (yang tentunya sangat berharga bagi perusahaan untuk mengetahui peta kekuatan lawannya), data survey tentang rating acara TV juga laku keras. Hampir semua biro iklan, jika akan memasang iklan di televisi, akan melihat rating dari sebuah acara yang ditayangkan. Misalnya saja sinetron X. Data atau rating tentang sinetron X ini, apakah tinggi atau tidak. Jika ratingnya tinggi, maka sinetron ini layak untuk dibeli slot iklannya. Harganya pun disesuaikan dengan hasil rating tersebut.

Rating ini adalah data hasil survey yang dilakukan oleh Nielsen Media Research. Anda bisa bayangkan sendiri, berapa besar pasar penjualan data yang digenggam oleh perusahaan ini.

Nielsen Media Research adalah perusahaan yang mengetahui betapa berharganya sebuah data. Mereka juga mengetahui, bagaimana caranya membuat sebuah data menjadi informasi yang bernilai jual tinggi, bagaimana memperlakukan data dengan serius, dan menjualnya pada pihak yang tepat. Di internet, data, informasi, dan database banyak diperjualbelikan secara diam-diam, atau lebih dikenal dengan black-market. Seperti data-data pelanggan toko online, data-data pemilik account email gratis, sampai data-data pemegang kartu kredit juga banyak yang diperjualbelikan. Anda bisa bayangkan, tidak dijual saja, banyak pihak yang berusaha membobol sistem untuk mendapatkan data, apalagi jika dijual. Harganya pasti melonjak sangat tinggi.

Namun sekali lagi, penulis tidak bermaksud untuk mendorong pembaca berjualan data-data yang ilegal. Penulis ingin mendorong pembaca berpikir kreatif, dan menjual data-data atau informasi secara legal dengan bantuan media internet.

Ada banyak sekali ide yang bisa dilakukan untuk mendapatkan data yang bernilai jual. Seperti melakukan survey yang dilakukan oleh Nielsen Media Research di atas.
Perusahaan lain yang jeli dalam menggunakan data sebagai komoditas untuk dijual adalah www.jobsdb.com. Perusahaan yang berasal dari Hong Kong ini telah membuka cabang di Indonesia sejak sekitar tahun 1999. Yang mereka jual adalah data-data para profesional yang sedang mencari pekerjaan. Data-data ini dijual kepada para perusahaan yang sedang mencari karyawan atau staf untuk posisi tertentu. Selain itu, mereka juga "menjual" data-data lowongan pekerjaan kepada para member yang notabene pencari kerja yang memiliki kualifikasi di atas rata-rata ini.

www.jobsdb.com mendapatkan uang dari perusahaan yang mencari pegawai. Perusahaan-perusahaan tersebut membayar sejumlah uang dan mendapat imbalan data-data eksekutif sesuai dengan kriteria yang diinginkan oleh perusahaan tersebut.

Sedangkan member (para pencari kerja) akan mendapat keuntungan yaitu secara rutin mendapat pemberitahuan jika ada lowongan pekerjaan sesuai dengan keinginan si pencari kerja. Model bisnis yang kreatif lainnya juga ada. Salah satunya adalah situs www.gilabola.com. Situs ini milik group www.betawi.net yang dimiliki orang Indonesia dan berbasis di Jakarta. Situs ini membidik kalangan pecinta sepak bola tanah air dan menawarkan update terbaru dari dunia sepak bola dari seluruh penjuru dunia. Misalnya Liga Inggris, Liga Spanyol, Liga Italia, dan sebagainya.

Pengunjung situs dapat mengikuti kuis-kuis tentang sepakbola dunia melalui handphone dan memperebutkan berbagai hadiah menarik. Sementara si pemilik situs mendapatkan pemasukan dari pulsa yang dipotong dari handphone peserta kuis melalui kerjasama dengan operator seluler. Nomor andalan perusahaan ini adalah 3636. Tapi pemasukan yang terbesar dari situs ini adalah layanan berlangganan via ponsel untuk mengetahui skor terakhir dari setiap pertandingan sepak bola dari liga-liga terkenal. Jika setiap kali ada permintaan skor hasil pertandingan dari handphone pengguna, mereka mendapatkan keuntungan bersih (setelah dipotong komisi untuk operator seluler) sekitar 800 rupiah, dan jika sebulan mereka mendapatkan hits sebanyak 50.000 hits (estimasi), dalam sebulan mereka akan mendapatkan sekitar 40.000.000 rupiah sebagai pemasukan. Angka ini baru dari penggemar sepak bola saja. Padahal www.betawi.net juga "bermain-main" di dunia balapan formula 1. Selain itu, dengan infrastruktur yang mereka miliki, mereka juga menawarkan kerjasama dengan perusahaan lain, seperti beberapa waktu lalu sebuah restoran cepat saji mengadakan promosi dengan mengirimkan nomor nota pembelian ke sebuah nomor seluler tertentu untuk memperebutkan hadiah mobil bagi pelanggan restoran tersebut.

Potensi pendapatan
Bisnis jual beli data adalah bisnis informasi yang sangat serius. Mungkin data yang diperjualbelikan bukan data yang serius (seperti skor pertandingan bola), tapi aroma bisnisnya sangat serius, karena melibatkan perusahaan-perusahaan terkemuka yang menggunakan data dan informasi sebagai andalan dalam operasional.
Misalnya saja data-data penjualan milik kompetitor yang ada di lapangan secara real, atau data volume penjualan sebuah barang secara nasional. Ini penting bagi produsen untuk merancang volume produksi.Pasar data dan informasi ini sangat besar. Secara tersembunyi banyak sekali yang memperjualbelikan. Banyak sekali pelaku pasar data yang tidak ingin namanya muncul ke permukaan. Ini dikarenakan riset dan survey yang terus menerus mereka lakukan, yang melibatkan dana yang besar. Jika hasil survey mereka sampai keluar secara tidak terkontrol, maka data mereka tidak akan ada harganya lagi.

Untuk memasuki pasar data dan informasi, Anda harus menganalisa lebih dahulu, pasar mana yang akan Anda tuju. Apakah perusahaan-perusahaan yang membutuhkan data-data dan informasi "serius", atau perorangan yang membutuhkan data "kurang serius".
Untuk pasar perusahaan dengan data "serius", Anda harus menunjukkan kepada konsumen bahwa Anda dan layanan yang Anda tawarkan juga "serius" atau profesional seperti calon konsumen Anda.
Yang Anda butuhkan adalah kekuatan organisasi, profesionalisme yang cukup terpandang, dan keakuratan data atau informasi yang akan Anda jual. Untuk mendapatkan data dan informasi yang dibutuhkan konsumen Anda, dibutuhkan riset dan survey yang ilmiah serta profesional. Anda harus menyadari, bahwa data dan informasi yang Anda jual akan dijadikan acuan oleh konsumen Anda untuk mengambil keputusan dan langkah-langkah penting dalam organisasi mereka. Jika data Anda tidak akurat, maka bisnis Anda akan segera berakhir. Kerahasiaan juga terlibat di bisnis ini. Maklum, data-data ini akan digunakan untuk merancang strategi dalam mengalahkan kompetitor mereka.

Untuk pasar individu, Anda dapat mengembangkan bisnis Anda dengan lebih leluasa dan inovatif. Seperti yang dilakukan www.betawi.net dengan www.gilabola.com -nya.
Yang perlu Anda perhatikan adalah trend yang sedang terjadi di masyarakat kita (kalau sasaran Anda pasar lokal) atau dunia (jika sasaran Anda pasar dunia). Saat ini untuk pasar lokal, yang banyak digemari adalah berita-berita gosip selebriti dalam dan luar negeri, sepak bola, dan kehidupan bintang-bintangnya, balapan formula 1, bola basket, dan yang terbaru balapan A1 Grandprix.

Beberapa ide kreatif yang sempat muncul ke permukaan adalah kamus online (dengan potong biaya pulsa) dan data tentang keluhan pelanggan. Potensi pasar yang dapat Anda raih hanya dibatasi oleh kreativitas dan inovasi Anda dalam membaca trend dan kebutuhan di lapangan. Jika Anda sudah menentukan, data apa yang akan Anda jual serta model bisnisnya, maka selanjutnya Anda hanya perlu menyediakan infrastrukturnya. Untuk media internet, Anda bisa menggunakan layanan hosting serta payment gateway untuk menerima pembayaran secara elektronik. Sedangkan jika membutuhakn kerjasama dengan operator selular, Anda dapat menghubungi operator seluler yang ada untuk menjadi content provider mereka. Anda siap untuk mengembangkan imajinasi dan inovasi serta menjual data?

BISNIS GAME ONLINE

Semua orang menyukai game. Kalimat ini adalah kalimat sakti yang selalu dipegang oleh orang-orang yang bergelut di industri game. Game atau permainan adalah kegiatan yang sangat familiar dalam kehidupan manusia. Pakar psikologi mengatakan, bahwa dunia anak-anak adalah dunia bermain. Dengan bermain, seorang anak dapat mengembangkan mental sekaligus fisiknya. Memang tidak bisa disangkal, sejak dalam kandungan, sampai saatnya "masuk tanah", manusia selalu bermain-main. Saat dalam kandungan, bayi bermain-main dengan cara menendang perut ibunya. Sang ibu pun membalas dengan menggelitik perutnya sendiri, dan mereka berdua sama-sama tertawa.

Pada masa anak-anak, mereka menyukai permainan tembak-tembakan, dokter-dokteran, kejar-kejaran, dan sebagainya. Menginjak remaja, mereka menyenangi permainan yang bersifat persaingan, seperti bermain basket, sepak bola, dan sebagainya. Usia dewasa, manusia mulai menyukai permainan bersifat taktis, yaitu adu strategi. Mulai dari strategi menghancurkan "lawan", strategi menaklukkan lawan jenis, sampai strategi merebut simpati calon mertua.

Memasuki usia tua, manusia juga masih menyukai kegiatan bermain. Mulai dari bermain-main dengan cita-cita, bermain-main mengisi hari tua (dengan memancing, misalnya), bahkan bermain "api" dengan hidupnya sendiri dan orang-orang di sekitarnya. Semua itu permainan! Anda dapat menemukan semua permainan di atas, yang dapat dimainkan di komputer atau perangkat lainnya. Mulai permainan catur, permainan sepak bola, balapan, permainan adu strategi, permainan bisnis seperti monopoli, sampai permainan kotor seperti sex-game pun tersedia.
Alat yang digunakan beragam. Mulai dari komputer stand alone, komputer yang terhubung ke jaringan, handphone, PDA, maupun console game.
Industri ini begitu dahsyat. Semua orang dari segala usia menyukainya. Saingan terdekatnya hanya industri makanan dan industri pakaian. Mari kita lihat, seberapa dahsyat nilai dari industri game.

Industri game dunia
Jika Anda mencoba mencari nilai pasar industri game dunia, Anda tidak akan menemukan data yang akurat. Pasalnya, dari situs yang satu ke situs yang lain, nilai yang dimunculkan bervariasi, dan terus berubah. CNN menyebutkan, untuk industri game mobile saja sudah bernilai 2,6 miliar dolar Amerika pada tahun 2005 dan nilai ini diperkirakan akan semakin melambung pada tahun-tahun berikutnya. Sehingga kisaran uang yang berputar di industri game dunia bermain di angkat ratusan miliar dolar Amerika! Maka wajar saja, jika kita mendengar bahwa Electronic Art, salah satu produsen game terbesar di dunia, berani mengakuisisi Jamdat, sebuah industri game mobile dengan harga mendekati 1 miliar dolar Amerika.

Pemain besar industri game dunia adalah Electronic Art, Blizzard, Atari, Nintendo, Konami, Sega, Sony dan Microsoft.

Electronic Art (www.ea.com) adalah pembuat program game dengan kapitalisasi market terbesar di dunia. Game-game buatan Electronic Art sangat terkenal di kalangan penggemar game di seluruh dunia. Sebut saja Harry Potter, FIFA Soccer, The Sims, Superman Return, Need for Speed, Tiger Wood PGA Tour, NBA Live, NASCAR, Lord of The Ring, dan serial James Bond 007.

Blizzard, nama ini mungkin kurang dikenal orang. Tapi kalau menyebut nama sebuah game yaitu Star Craft, pasti orang langsung mengenali. Ya, Blizzard (www.blizzard.com) adalah perusahaan pembuat game StarCraft yang begitu terkenal itu. Kini mereka sedang mencoba membuat game yang diharapkan mampu mengikuti kepopuleran StarCraft yaitu World of WarCraft.

Nama berikutnya adalah Atari (www.atari.com). Masih ingat game Tetris yang terkenal itu? Atari adalh salah satu produsen console game yang memuat tetris sebagai game standar di console buatannya. Namun sayang sekali, nama Atari kini jarang terdengar lagi. Berita terakhir (15 Maret 2006), menyebutkan bahwa nilai saham Atari yang diperdagangkan di bursa NASDAQ hanya berada di bawah 1 dolar Amerika per lembarnya.

Nama lain yang cukup terkenal pada zamannya adalah Nintendo (www.nintendo.com). Nintendo sangat terkenal dengan game buatannya yaitu Pokemon dan Harvest Moon. Game-game buatan Nintendo sangat kental dengan aroma kartun Jepang-nya. Selain membuat game, Nintendo juga membuat console game yang diberi nama Nintendo dan Nintendo II
.
Nama lain yang seangkatan dengan Nintendo dan sama-sama dari Jepang adalah Konami (www.konami.com). Kalau Nintendo lebih kental aroma kartunnya, pada awalnya Konami Konami lebih kental aroma perangnya. Namun kini Konami juga memproduksi game-game kartun mengikuti trend yang terjadi di Jepang. Game buatan Konami yang cukup terkenal adalah Metal Gear Solid, Ninja Turtles, dan Dance-Dance Revolution.

Berikutnya adalah Sega (www.sega.com). Sega adalah penguasa industri game pada zamannya. Game produksi Sega yang cukup dikenal penggemar game adaalh Yakuza, Sonic Riders, Taito dan Super Monkey Ball.
Pertarungan industri game dunia menjadi semakin panas akibat gebrakan yang dilakukan oleh 2 nama terakhir ini: Sony dengan Playstation-nya dan Microsoft dengan X-Box -nya.
Tidak bisa dipungkiri, nama produsen game seperti Electronic Art terangkat tinggi akibat popularitas console game Playstation buatan Sony. Begitu populernya Sony Playstation sampai-sampai banyak programmer membuat program emulatornya agar game-game yang berjalan pada PlayStation dapat dimainkan di komputer (PC).
Kesuksesan Sony Playstation tidak membuat Sony tinggi hati. Mereka mengembangkan console terbaru yang diberi nama Playstation 3, dan untuk mengembangkan pasar game mobile, Sony memproduksi Playstation Portable (PSP). Game buatan Sony yang mengangkat nama Playstation adalah Gran Tourismo, Final Fantasy dan Tekken (pada Playstation 1 dan 2).

Nama lain yang sangat fenomenal adalah X-Box buatan Microsoft. Microsoft tidak asal-asalan membuat console game untuk bertempur di pasar game dunia yang sangat panas ini. Menggunakan teknologi internet yang dikuasainya, Microsoft membuat X-Box dengan berbagai kelebihan seperti menggunakan hardisk dan kemampuan berinteraksi dengan console yang lain melalui jaringan internet. X-Box inilah yang memicu munculnya game online di seluruh dunia. X-Box terus berinovasi. Setelah sukses besar dengan X-Box generasi pertama yang berwarna hitam dan juga X-Box 360, kini X-Box terus mengeluarkan seri-seri terbaru dari mesin game buatannya ini dengan tambahan berbagai fitur dan kecanggihan yang terus diperbarui dan diperbaiki kualitasnya.

Mobile game
Seiring dengan pesatnya pertumbuhan pengguna mobile device seperti cellphone dan PDA, maka pertumbuhan mobile game juga semakin pesat. Mobile game generasi pertama dipelopori oleh Nokia yang memasukkan game Snake pada handphone seri 5110 dan 6110. Selanjutnya, hampir semua cellphone yang dijual menyertakan game di dalam paketnya. Handphone-handphone yang lebih modern memiliki kapasitas memory yang lebih besar dan prosesor yang lebih cepat. Hal ini memungkinkan untuk terciptanya game-game mobile yang lebih bervariasi.

Peluang di industri game
Ada banyak sekali peluang bisnis yang dapat dilakukan secara perorangan atau kelompok dalam industri game. Industri ini begitu besarnya, sehingga pasarnya terlalu besar untuk dikuasai sendiri. Anda dapat menjadi reseller game. Artinya Anda dapat menjual game setelah "kulakan" dari produsennya. Selain itu, Anda juga dapat menjadi programmer game, baik menjadi karyawan perusahaan pembuat game atau bekerja sebagai programmer game independent. Jika Anda hobi berat dengan game, Anda dapat membuat situs yang mengulas tentang game-game terbaru dan industri game secara global. Sedangkan jika Anda maniak game, Anda dapat menjual ilmu yang Anda miliki dengan menjual cheat atau kode-kode curang yang memungkinkan pemain akan menang terus. Bahkan di negara-negara maju, uang virtual atau kemampuan "seorang" jagoan dalam game online dapat diperjualbelikan.

Industri game di Indonesia
Sebenarnya, Indonesia tidak ketinggalan dalam hal membuat game. Masih ingat kontroversi yang timbul saat MURI memberikan penghargaan kepada seseorang sebagai pembuat game pertama dari Indonesia? Namun, sampai saat ini tidak banyak game Indonesia yang mampu berbicara banyak di dunia game internasional. Malah kita lebih banyak mengimpor dan menggunakan game buatan luar negeri, seperti game-game buatan Jepang dan Amerika atau dari Korea (Ragnarok).

Industri game di Indonesia yang cukup berkembang adalah bisnis reseller. Ragnarok Indonesia (www.ragnarok.co.id) yang cukup terkenal di Indonesia berasal dari Korea. Game online ini cukup diminati dan sampai sekarang masih terpelihara komunitasnya. Artinya bisnis ini masih berjalan dengan baik. Pendapatan game online Ragnarok berasal dari penjualan voucher yang disebut voucher Lyto. Voucher ini dijual dalam berbagai denominasi harga, mulai dari 2500 rupiah sampai 65.000 rupiah. Masing-masing denominasi akan "mengizinkan" kita untuk bermain Ragnarok secara online dalam jangka waktu tertentu. Untuk voucher 2500 rupiah, kita dapat bermain selama 2 jam saja. Untuk yang 5000 kita dapat bermain selama 5 jam, 10.000 untuk 12 jam, 20.000 untuk 7 hari, dan 65.000 untuk 30 hari. Model bisnis lainnya yang ada di Indonesia adalah berjualan game mobile secara online. Ini dapat Anda lihat di www.iguanasms.com. Game-game yang dijual di situs ini adalah game-game yang diprogram dengan menggunakan bahasa java. Game-game ini dapat dimainkan di handphone-handphone atau PDA yang memiliki memori yang cukup besar. Pembayaran tidak dilakukan secara transfer atau cash, melainkan akan dipotong dari pulsa handphone si pembeli. Rata-rata 1 game dijualdengan harga 5000 atau 10.000 rupiah.

Bagaimana dengan game komputer? Ternyata ada cukup banyak perusahaan dan perorangan yang membuat game dari Indonesia. Sebut saja tim dari Elexmedia Computindo, Matahari Studio, e-FunSoft, Bajing Loncat, dan sebagainya.
Situs Elexmedia.co.id menjual game-game pendidikan untuk anak-anak seperti Petualangan Tiom Space War, dan Belajar Tata Surya.
Matahari Studio (www.mataharistudios.com) adalah perusahaan pembuat game yang berasal dari Australia, namun memiliki studio di Jakarta. Artinya beberapa programmer mereka adalah orang Indonesia sendiri. Game-game buatan Matahari Studio adalah Cubis 2, Super Strike, Mahjong Match, dan Dino Duel. Game Dino Duel dapat Anda temui di arena permainan terkenal Time Zone.
Selain membuat game sendiri, Matahari Studio juga mengerjakan bagian-bagian sebuah game pesanan dari pembuat game terkenal seperti Electronic Art dan Sony Online Entertainment.
E-FunSoft adalah produsen game lainnya dari Indonesia yang menjual game-game produksinya secara online melalui situsnya di E-FunSoft.com. Sebuah game buatan E-FunSoft rata-rata dijual dengan harga US$ 19.95 per copy.

E-FunSoft juga menyediakan game-game yang dapat didownload secara gratis di situsnya. Moto mereka adalah "Simple, but fun". E-FunSoft didirikan pada bulan April 2000 oleh Agung Wijaya dan dioperasikan dari bilangan Karangkajen, Yogyakarta.
Untuk penjualan secara online, mereka menerima pembayaran melalui credit card dengan menggunakan jasa payment gateway www.RegNow.com dari Amerika. Setiap pembelian game secara online diberikan garansi uang kembali selama 45 hari.
Bajing Loncat (www.bajingloncat.com) menawarkan game-game berbasis Flash. Selain game, mereka juga menawarkan jasa pembuatan film animasi sesuai kebutuhan perusahaan.
Untuk ikut mencicipi kue bisnis game ini, Anda harus menentukan terlebih dahulu, apakah akan menjadi reseller game, menjadi produsen game, programmer game individual, atau penyedia kode-kode curang untuk game-game yang sudah beredar.

Jika Anda memposisikan diri menjadi reseller game, caranya sangat mudah. Anda tinggal menghubungi produsen-produsen game seperit Matahari Studio, Electronic Art, atau Sony Entertainment dan membuat proposal untuk menjadi reseller produk-produk mereka. Di sini dibutuhkan kemampuan managerial yang cukup mumpuni, seperti layaknya distributor atau reseller barang yang lainnya. Anda tidak perlu memiliki kemampuan programming untuk menjadi seorang reseller game. Tapi jika Anda ingin menjadi produsen game, Anda harus memiliki kesenangan terhadap game. Bila perlu sampai pada level maniak game. Dengan demikian, Anda memiliki insting yang tajam tentang game-game yang akan disukai di masa mendatang maupun masa kini. Kemampuan programming akan menambah nilai Anda sebagai seorang produsen game, walaupun tidak menutup kemungkinan Anda akan merekrut programmer game profesional.

Untuk menjadi programmer game individual atau penyedia cheat (kode curang), Anda harus menjadi maniak game dan memiliki kemampuan programming yang baik.
Game-game yang beredar di pasaran dibuat dengan berbagai bahasa pemrograman. Untuk game-game mobile seperti game untuk handphonhe dan PDA, kebanyakan dibuat dengan bahasa C++ atau Java. Untuk mempelajari hal ini, Anda dapat menemukan banyak sekali bantuan dari situs www.forum.nokia.com. Dari situs ini Anda akan memperoleh tutorial bagaimana membuat sebuah game dengan bahasa Java atau C++, bertukar pikiran dengan game developer yang lain, bahkan Anda dapat menjual game buatan Anda di bagian market place. Jika beruntung, game Anda akan dibeli oleh Nokia untuk dipasang sebagai game standar di handphone-handphone produksi Nokia. Sedangkan untuk game komputer, baik game online (RPG: Role Play Game) maupun game untuk komputer stand alone (komputer yang tidak terhubung dengan jaringan komputer), banyak dibuat dengan bahasa C++. Beberapa sumber yang dapat Anda jadikan pegangan adalah www.gdmag.com (Game Developer Magazine) yang menawarkan majalah khusus game developer seharga US$3.95 per edisi, www.gdconf.com (Game Developer Conference) yang menjadi panduan developer game dari seluruh dunia untuk berdiskusi, dan www.gamedev.net yang menjadi portal bagi developer game dari seluruh dunia. Siap untuk mencicipi kue rejeki peluang usaha yang sangat besar ini?

MENJUAL IDE GILA

Rezeki kadang muncul dari keadaan terpaksa, begitu yang dipercayai banyak orang. Tapi betul juga, banyak ide-ide kreatif keluar saat orang berada daalm posisi terpojok. Seorang anak muda berusia 21 tahun bernama Alex Tew dari sebuah kota kecil Wiltshire di Inggris telah membuktikannya. Dia ingin sekali masuk kuliah ke universitas jurusan manajemen bisnis, tetapi tidak mempunyai uang sama sekali. Namun, karena kondisi "kepepet" itulah, muncul ide gila yang akhirnya bukan saja mengalirkan banyak uang ke kantongnya untuk kuliah, tetapi juga melambungkan namanya di seluruh dunia. Tidak berhenti sampai di situ, ide gila Alex pada akhirnya juga mengalirkan uang dan melambungkan nama para penjiplak idenya dari seluruh dunia, termasuk dari Indonesia. Ide Alex benar-benar orisinal dan brilian. Dia membuat sebuah situs internet dan membaginya dalam 1 juta pixel. Setiap pixel dijualnya seharga US$1 dengan minimal pembelian 1 blok (10x10 pixel) dan kelipatannya. Setiap iklan pixel yang terpasang di situsnya akan dipertahankan selama 5 tahun. Mengingat perkembangan internet yang begitu cepat, diharapkan dalam 5 tahun ke depan, iklan pixel yang ada di situsnya akan menjadi sejarah dalam dunia internet. Pada awalnya, dia hanya ingin mendapatkan uang untuk biaya kuliah, dan untuk membeli sepasang kaos kaki yang baru. Ide ini mulai disebarluaskan di kalangan teman-temannya sendiri. Sambutan mereka tidak begitu bagus. Namun teman-teman Alex menyebarluaskan ide itu pada relasi masing-masing, dan mulailah pixel demi pixel terjual.

Hanya dalam waktu sekitar 6 bulan, seluruh pixel yang ditawarkan Alex dalam situsnya www.milliondollarhomepage.com telah terjual habis. Bahkan 1000 pixel terakhir ditawarkan di www.ebay.com dan dibeli orang dengan harga US$ 38.100 sehingga total uang yang didapatkan Alex menjadi US$ 1.037.100 atau setara dengan 9.85 milyar rupiah!

Selain mendapatkan uang yang sangat banyak, nama Alex juga melambung sangat tinggi. Dia bahkan diundang ke berbagai negara untuk wawancara dengan stasiun televisi terkemuka dan menjadi bahan pembicaraan di seluruh dunia. Seperti biasa, setiap kali ada orang yang berhasil, ide dan caranya langsung dijiplak habis. Tak terkecuali ide dari Alex. Orang Malaysia membuat situs dengan ide yang sama dengan alamat www.iklanpixels.com. Indonesia jelas tidak mau ketinggalan. Taufik Kurniawan, seorang yang tinggal di bilangan Cipinang Besar Jakarta menjiplak habis situs dan ide Alex, dan meluncurkan situs www.homepagesatumilyar.com. Dan situs ini laku! Kalau Alex menyebut situsnya sebagai capsul sejarah internet dunia, Taufik tidak mau kalah. Dia menyebut situsnya sebagai capsul sejarah internet Indonesia. Di situsnya, Taufik secara jelas menyebut, bahwa dia terinspirasi situs buatan Alex Tew yang fenomenal itu.

Memiliki ide yang cemerlang dapat membuat Anda menjadi milyarder dadakan. Ada banyak cara dan fasilitas tersedia di internet untuk menjual ide Anda. Tentu saja Anda harus hati-hati dengan pembajakan ide, karena tukang bajak tidak hanya berasal dari Indonesia saja.
Salah satu situs yang dapat Anda jadikan jalan untuk menjual ide adalah www.newideatrade.com. Situs ini merupakan tempat jual beli ide-ide kreatif dari seluruh dunia. Anda hanya perlu mendaftar sebagai anggota, dan dapat langsung menjual ide Anda. Situs ini juga dilengkapi dengan layanan pengurusan hak paten sehingga ide Anda benar-benar dilindungi secara hukum. Situs ini juga telah memenangkan berbagai macam penghargaan seperti Webmaster Award dan Golden WebAward.

Langkah awal yang perlu Anda lakukan adalah memikirkan ide-ide yang ringan. Selanjutnya, imajinasikan ide Anda tersebut sejauh mungkin. Pada suatu titik, ide tersebut akan layu, atau sebaliknya, muncul sebagai ide yang brilian. Pertimbangkan juga aspek-aspek hukum, khususnya hukum internasional. Akan lebih baik lagi jika Anda sudah mencoba membuat atau menjalankan ide Anda, sehingga dapat dibuatkan hak patennya. Jika sudah mendapatkan hak paten, Anda dapat memilih, menjual penemuan Anda secara utuh, atau hanya menjual lisensi penggunaannya saja dan Anda akan mendapatkan royalti. Ayo, gunakan imajinasi Anda. Siapa tahu otak Anda akan membuat Anda menjadi milyarder baru! Ya, siapa tahu?

MENDULANG UANG DARI FORUM

Mungkin banyak diantara kita yang ikut dalam forum-forum diskusi dengan topik yang bermacam-macam. Bahkan mungkin banyak diantara kita yang menjadi moderator dari sebuah forum diskusi di internet. Tapi tahukah Anda, bahwa dengan forum, kita dapat memperoleh penghasilan yang lebih dari cukup untuk sekedar menambah uang saku?

Kebanyakan forum yang kita ikuti adalah forum yang gratis, dimana kita hanya perlu mendaftar sebagai member, dan kita dapat langsung "nimbrung" dengan topik yang sedang hot dibicarakan. Namun di luar sana, ternyata ada banyak forum yang tidak gratis. Artinya, untuk menjadi member saja, kita diharuskan membayar sejumlah uang. Setelah kita terdaftar sebagai member, barulah kita diizinkan untuk memposting atau nimbrung dalam pembicaraan.

Untuk forum-forum yang berbayar (paid forum) ini, biasanya membernya cukup spesifik. Misalnya orang-orang yang terlibat dalam industri musik, orang-orang dari bidang ilmu yang spesifik seperti kebidanan, atau industri lain yang cukup serius.

Contoh paling nyata adalah www.dnforum.com. Untuk menjadi member, Anda memang tidak dikenakan biaya. Tapi Anda hanya dapat mengikuti pembicaraan di topik-topik tertentu saja. Untuk dapat nimbrung di topik-topik lain seperti topik beli domain, Anda harus mengupgrade keanggotaan Anda dengan membayar sejumlah uang.

DNForum menawarkan jenis membership yang berbeda, yaitu Bronze, Gold, Platinum, dan Exclusive Membership. Bronze membership adalah membership yang gratis. Dengan menjadi Bronze member di DNForum, member dapat menggunakan fasilitas-fasilitas standar yang disediakan, seperti Articles, Industry Leaders, dan DNF News.

Gold Lifetime membership memberikan fasilitas khusus yang tidak tersedia di Bronze membership, yaitu berhak untuk mengirimkan posting di Gold Forums, berhak mendapatkan 2 F$ (F$ = mata uang di forum ini) setiap mengirimkan 1 posting, berhak membeli barang-barang yang ditawarkan di reward store dengan F$ yang menjadi mata uang di forum ini, berhak membuat sebuah blog, dan berhak masuk ke chat-room.

Member dengan kategori Bronze dapat mengupgrade membershipnya menjadi Gold dengan biaya US$ 15.95 (pembayaran dengan Paypal dan 2CO), atau bisa juga Anda gunakan F$ jika ingin membayar dengan mata uang F$ (reward point).

Platinum Lifetime membership memberikan fasilitas khusus yang tidak tersedia di Bronze dan Gold membership, yaitu berhak untuk mengirimkan posting di Platinum Forums, berhak mendapatkan 3F$ (F$ = mata uang di forum ini) setiap mengirimkan 1 posting, berhak membeli barang-barang yang ditawarkan di reward store dengan F$, berhak atas semua hak miliki Gold membership, dan berhak mengakses DropLists.net, yaitu daftar domain yang hampir habis masa pakainya.

Member dengan kategori Bronze dapat mengupgrade membershipnya menjadi Platinum dengan biaya US$50.95 (pembayaran dengan Paypal dan 2CO), atau bisa juga Anda gunakan F$ jika ingin membayar dengan mata uang F$ (reward point).

Exclusive Lifetime membership memberikan fasilitas khusus yang tidak tersedia di Bronze, Gold, dan Platinum membership, yaitu berhak untuk mengirimkan posting di Exclusive Forums, berhak mendapatkan bonus 3000 F$ (F$ = mata uang di forum ini), berhak atas reward F$ setiap mengirimkan 1 posting di Platinum dan Gold Forums, berhak membeli barang-barang yang ditawarkan di reward store dengan F$ yang menjadi mata uang di forum ini, berhak membuat sebuah blog dan situs (maksimal 5 halaman), dan berhak masuk ke semua fasilitas yang ada di DNForum.

Member dengan kategori Bronze dapat mengupgrade membershipnya menjadi Exclusive dengan biaya US$ 400.95 (pembayaran dengan Paypal dan 2CO), atau bisa juga Anda gunakan F$ jika ingin membayar dengan mata uang F$ (reward point).

Jumlah member di forum ini mencapai 24 ribu orang, dengan 9 ribu di antaranya membayar sejumlah uang untuk mengupgrade membershipnya. Nilai uang yang potensial masuk ke kantong kita melalui forum cukup lumayan. Anggap saja setiap member dikenakan biaya membership US$ 10 per tahun. Dengan jumlah member 1000 orang saja, kita sudah mendapatkan penghasilan US$ 10.000 per tahun atau setara dengan 95.000.000 rupiah setahun. Jumlah ini terhitung kecil, karena forum-forum yang ramai, jumlah membernya berkisar antara 20ribu hingga 50ribu orang.

Tips
Pertama-tama, kita harus mengetahui alasan yang membuat orang rela mengeluarkan uang untuk menjadi member di forum kita:
  • Forum kita memuat informasi yang tidak dapat ditemukan dengan mudah di forum atau situs gratis lain di internet.
  • Biaya yang dikenakan tidak terlalu tinggi, sehingga tidak membuat orang berpikir terlalu lama untuk mendaftar sebagai member. US$ 5 atau US$ 10 per tahun cukup masuk akal.
  • Calon member yang potensial membutuhkan akses untuk mengetahui informasi apa saja yang bisa mereka dapatkan sebelum mereka memutuskan untuk membayar atau tidak. Beberapa forum mengizinkan calon member untuk membaca Thread (topik yang didiskusikan), tapi tidak mengizinkan mereka untuk mengirimkan posting.
Setelah mengidentifikasi bahwa forum yang akan kita bangun memenuhi kriteria di atas, langkah selanjutnya adalah membangun situs yang berisi forum tersebut.
Untuk membangun sebuah forum diskusi, sebaiknya kita menggunakan jasa dari perusahaan yang sudah teruji mengelola forum diskusi. Salah satu yang direkomendasikan adalah www.vbulletin.com. VBulletin digunakan oleh banyak sekali forum diskusi yang memiliki jumlah member puluhan ribu di internet.

VBulletin menyediakan aplikasi forum yang mendukung penggunaan scr i pting PHP dan database MySQL. Keduanya merupakan platform yang paling banyak dipakai di internet saat ini. Dengan VBulletin, kita tidak perlu melakukan programming untuk membuat forum. Kita hanya perlu melakukan setup sesuai dengan aturan main yang telah kita tetapkan.

VBulletin menawarkan 2 macam kepemilikan, Owned License dan Leased License. Owned License memungkinkan kita menggunakan VBulletin secara bebas seperti milik kita sendiri. Lisensi ini mengharuskan kita membayar US$ 160 untuk satu forum online yang dipasang di situs kita selama yang kita mau. Dengan Owned License, kita mendapatkan update versi secara gratis selama 1 tahun. Selanjutnya, jika ada versi yang lebih baru, kita hanya dikenakan US$ 30 untuk mengupdatenya. Untuk Leased License, kita diharuskan membayar biaya sewa sebesar US$ 85 per tahun, dan harus diperbarui setiap tahun.

VBulletin memang merupakan salah satu penyedia aplikasi forum yang profesional di internet. Untuk instalasi sendiri, Anda tidak dikenai biaya apapun selain biaya lisensi di atas. Tapi jika Anda ingin mereka yang melakukan instalasi di server kita (di perusahaan hosting), maka kita harus membayar US$ 135 untuk biaya setup.

Perlu diketahui, semua itu masih mengharuskan kita mencantumkan copyright milik Jelsoft pemilik VBulletin. Jika kita ingin menghapus copyright tersebut dan tidak mencantumkannya di situs kita, kita harus membayar US$ 120. Dan jika kita membutuhkan bantuan via telepon, maka kita harus membayar US$ 60 (untuk dukungan support melalui telepon selama 1 bulan), US$ 180 (untuk dukungan via telepon selama 6 bulan), atau US$ 300 (untuk dukungan via telepon selama 12 bulan).

Aplikasi yang disediakan oleh VBulletin sangat lengkap. Mulai dari grouping, Avatar, attachment, sampai paid subscr i ption. Untuk paid subscr i ption (paid membership), aplikasi VBulletin sudah terintegrasi dengan sistem milik Paypal, Worldpay, NOCHEX, dan Authorize.Net. Sedangkan integrasi dengan sistem 2CO.com akan muncul pada versi berikutnya.

Nah, Anda sudah kebayang akan membangun sebuah forum? Segera laksanakan ide Anda! Siapa tahu, melalui forum yang akan Anda bangun, uang akan mengalir deras ke kantong Anda.

MENDULANG UANG DARI MAILING LIST

Memiliki komunitas adalah cara yang paling ampuh untuk mendulang uang. Pasalnya, pasar sudah otomatis terbentuk sesuai dengan minat komunitas yang bersangkutan. Hampir semua layanan yang berjalan di internet bertujuan untuk membentuk sebuah komunitas. Misalnya email gratis, layanan chatting dan messenger, forum diskusi online, dan mailing list.

Zaman dahulu ada layanan yang bernama News Group. Layanan ini merupakan cikal bakal dari mailing list. Layanan ini memungkinkan anggota berinteraksi dan berdiskusi dengan cara mengirim dan menerima email dari setiap anggota yang mengirim posting. Seiring berkembangnya server-server mail, maka layanan news group mulai bergeser ke mailing list, karena mailing list memungkinkan member bergabung dengan menggunakan account email gratisan seperti Yahoo Mail atau G-Mail. Sedangkan layanan news group tidak memungkinkan hal itu.

Beda layanan mailing list dengan forum diskusi adalah, member mailing list akan menerima email berisi posting dari member lainnya, setiap kali ada member yang mengirim posting. Suka atau tidak suka, semua member akan menerima email posting dari member lain. Jika tidak suka, silakan buang email yang diterimanya. Jika subject email menarik, member hanya perlu membukanya. Namun demikian, layanan Yahoo Group memberikan fasilitas bagi member untuk memilih tidak menerima email, namun masih dapat melihat arsip jika membutuhkannya. Sedangkan forum diskusi, adalah layanan diskusi berbasis web. Ini mengharuskan member membuka situs forum yang bersangkutan, kemudian login untuk masuk ke forum diskusi. Member harus memilih-milih topik mana yang ingin dimasukinya.

Mailing list gratis
Ada banyak layanan hosting yang menyediakan layanan mailing list di dalam paket hosting yang mereka tawarkan. Layanan mailing list ini memungkinkan Anda untuk membuka layanan mailing list secara komersial. Artinya topik yang dibahas bersifat komersial, seperti penawaran barang dan jasa misalnya. Namun jika Anda tidak ingin membeli paket hosting yang menyertakan mailing list (biasanya lebih mahal dari paket hosting biasa), Anda dapat memilih untuk menggunakan layanan mailing list gratisan. Salah satu yang paling direkomendasikan adalah Yahoo Groups (http://groups.yahoo.com). Untuk mengakses layanan ini, Anda hanya perlu terdaftar sebagai member Yahoo.

Seperti biasa, setiap layanan yang gratis tidak mengizinkan Anda untuk menjadikannya sebagai layanan komersial. Demikian juga Yahoo Groups. Anda tidak diperkenankan untuk membuat mailing list atau news group komersial. Tapi itu bisa disiasati! :)

Mailing list dapat bersifat dua arah dan satu arah. Mailing list yang bersifat dua arah memungkinkan member saling berinteraksi satu sama lain. Sedangkan mailing list satu arah biasanya digunakan oleh organisasi dengan member yang banyak untuk menyampaikan informasi atau berita tentang organisasi tersebut. Yahoo Groups juga memberikan pilihan kepada kita untuk memilih, apakah mailing list yang kita bangun bersifat satu arah atau dua arah.

Potensi pendapatan
Mailing list yang aktif dapat mencapai ratusan posting message per hari. Jumlah anggotanya pun mencapai ribuan orang. Mailing list yang paling banyak anggotanya masih dipegang oleh mailing list penggemar selebriti dunia dan klub olahraga dunia. Melalui mailing list ini mereka menyampaikan berita terkini tentang dirinya atau organisasinya kepada setiap penggemarnya yang tergabung dalam mailing list tersebut. Termasuk iklan-iklan yang disisipkan di sana sini.

Klub sepak bola Manchester United, adalah salah satu klub yang menggunakan mailing list satu arah untuk memberikan informasi terkini tentang klub kepada setiap penggemar MU. Selain mailing list resmi dari klub, banyak sekali un-official mailing list MU yang ada di internet. Anda dapat melihatnya di situs resmi mereka www.manutd.com.

Melalui mailing list ini, klub memberikan informasi tentang bintang-bintang MU kepada para penggemarnya, dan menyusupkan iklan penjualan merchandise di sana sini. Dan seperti diketahui bersama, hasil penjualan merchandise dari MU berhasil menopang keuangan MU sehingga mereka dapat membayar gaji pemain yang sangat tinggi. Sebagai gambaran saja, Rio Ferdinand, barisan pertahanan MU bergaji 120 ribu poundsterling per minggu, atau setara dengan 1,56 milyar rupiah per minggu. Belum gaji bintang-bintang MU lainnya. Dari sini kita dapat melihat, betapa besar potensi yang dimiliki mailing list dalam menggenjot penjualan, khususnya kepada fans berat klub sepak bola ini.

Setali tiga uang dengan penyelenggara balapan jet darat paling terkenal, Formula 1 (www.formula1.com). Mereka juga menggunakan mailing list sebagai sarana untuk menggenjot penjualan merchandise formula 1 kepada semua fans balapan formula 1.
Tak ketinggalan pemilik acara talkshow paling terkenal di Amerika, Oprah Winfrey. Pemilik Oprah Winfrey Show ini menggunakan gabungan dari forum dan mailing list melalui situsnya www.oprah.com sebagai media informasi terkini dengan para penggemarnya, sekaligus untuk mempromosikan merchandise dan buku-buku yang menjadi bisnis sampingannya.
Mailing list memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Secara faktual, orang-orang yang tergabung dalam sebuah mailing list adalah orang-orang yang memiliki kepentingan yang sama, kegemaran yang sama, atau keahlian yang sama. Ini sangat membantu para staf marketing untuk membidik pasar yang spesifik.
Lalu, bagaimana caranya jika kita ingin mencicipi kue iklan dari mailing list? Caranya cukup mudah.
Seperti biasa, pertama-tama kita tentukan model bisnis yang akan kita bangun. Apakah mailing list akan kita gunakan sebagai alat bantu untuk membuat member berkunjung ke situs kita, sehingga mereka melihat iklan atau membeli barang di situs kita? Atau kita akan membangun sebuah mailing list yang mandiri tanpa terkait dengan sebuah situs, dan berusaha mendapatkan uang dari situ?

Langkah pertama cukup banyak digunakan oleh pengelola bermacam-macam situs. Salah satunya www.ITCenter.or.id. Situs ini memiliki mailing list yang cukup ramai dengan menggunakan layanan gratisan dari Yahoo Groups. Anda dapat meilhatnya di http://groups.yahoo.com/group/ITCenter. Anggota mailing listnya sekitar 9 ribu orang (Maret 2006) dengan jumlah posting rata-rata 100 message per hari.

Moderator mailing list ini cukup aktif memblok setiap iklan yang disisipkan di message yang diposting anggota. Mereka telah menyediakan tempat tersendiri untuk posting iklan dan promosi, yaitu di situsnya www.ITCenter.or.id/sponsorship. Pengelola mailing list juga menjual jaket komunitas yang dijual melalui situs dan mailing list.

Model bisnis yang kedua juga banyak diterapkan oleh pengelola atau moderator mailing list. Mereka menarik sejumlah uang dari pengiklan untuk diizinkan mengirimkan posting berisi promosi dan iklan. Biasanya iklan yang dikirimkan berupa teks. Namun banyak pula yang mengirimkan iklan berupa gambar yang berukuran file cukup kecil sehingga dapat dikirim melalui attachment.

Setelah menentukan model bisnis yang akan dijalankan, kita dapat menentukan, apakah akan menggunakan layanan mailing list yang berbayar (hosting mailing list), atau yang gratisan. Cara yang paling murah dan mudah adalah dengan menggunakan layanan gratis dari Yahoo Groups.

Caranya sangat mudah. Setelah terdaftar sebagai anggota Yahoo, Anda hanya perlu masuk ke bagian groups, kemudian pilih menu start a new group. Kemudian Anda diminta untuk menentukan nama group, misalnya saja "webmaster". Maka secara otomatis Yahoo Groups akan membuat sebuah mailing list dengan alamat posting webmaster@yahoogroups.com, alamat pendaftaran menjadi anggota webmaster-subscribe@yahoogroups.com, alamat berhenti menjadi anggota webmaster-unsubscribe@yahoogroups.com, dan alamat untuk Anda webmaster-owner@yahoogroups.com.

Setelah mailing list Anda terbentuk, pekerjaan besar yang sesungguhnya adalah mempromosikan mailing list Anda dan mengajak orang sebanyak-banyaknya untuk bergabung menjadi member mailing list Anda. Karena itu, hendaknya mailing list yang Anda bangun mengusung sebuah topik yang banyak diminati oleh orang lain, misalnya sepak bola, fotografi, balapan, dan sebagainya.

Setelah member mulai mendaftar, Anda harus berusaha agar mailing list Anda "hidup". Artinya harus ada message yang diposting oleh member, dan ada yang menanggapinya. Anda dapat memulainya dengan mengirimkan pertanyaan atau opini, supaya dikomentari oleh member yang lain. Lama kelamaan, mailing list Anda akan hidup dengan traffic message yang cukup banyak per harinya.

Jangan lupa untuk memoderatori mailing list Anda, supaya topik yang dikirimkan tetap berada di jalur yang Anda inginkan. Setelah semuanya berjalan dengan baik dan berkembang, Anda hanya perlu mencari pengiklan untuk membayar posting iklan. Ini pekerjaan yang mudah, karena banyak sekali pengiklan yang mencari mailing list yang "hidup" dan memiliki member cukup banyak. Jika satu posting iklan ditarik biaya Rp 10 ribu, itu bukan angka yang buruk sebagai penghasilan sampingan kita dalam berdiskusi bukan?

Atau kita dapat menggunakan model bisnis yang lain. Misalnya pemasang iklan ditarik biaya Rp 1 juta setahun dengan imbalan posting iklan sebanyak 2 kali seminggu dengan materi iklan yang disiapkan oleh pemasang iklan. Moderator yang mengirimkan posting, sedang pemasang iklan hanya menyediakan materinya saja. Hal ini cukup diminati pemasang iklan karena mereka tidak direpotkan dengan aktivitas memposting iklan. Member mailing list pun lebih senang menerima posting iklan dari moderator dibanding dari "sesama" member. Hal ini pula yang diterapkan penulis dalam mengelola sebuah mailing list yang berhubungan dengan komputer dan pendidikan dengan alamat http://groups.yahoo.com/group/Anak-TI
Anda tertarik untuk mencoba?

MENJADI MILYARDER DARI HOBI

Anda hobi main kartu? Atau main game? Atau mungkin hobi Anda cukup berat seperti fotografi, membuat video, mengoleksi berbagai macam robot dan mainan, atau hobi-hobi unik lainnya?
Apakah Anda tahu dan menyadari, bahwa dengan bantuan internet, hobi Anda dapat mengubah hidup Anda menjadi milyarder? Ini bukan bualan belaka. Dalam artikel tulisan ini telah diungkapkan dari hobi utak-atik elektronika, Tom dapat menjadi milyarder dengan situs www.tomshardware.com. Atau Shawn dengan napster-nya yang begitu fenomenal sampai hari ini.
Tidak percaya? Baik, kita ulas satu per satu.
Mulai dari anda yang hobi main kartu. Silakan kunjungi situs www.cardtrick.com. Berawal dari hobi, situs ini dibangun oleh pemiliknya yang maniak bermain kartu, dan menjual trik-trik bermain kartu di internet. Si pemili menjual pengetahuannya bermain kartu secara online. Satu trik permainan kartu dijual dengan harga 7 sampai 10 poundsterling atau setara dengan 91.000 sampai 130.000 rupiah per trik.
Pemilik situs ini "saking" maniaknya bermain kartu, dia juga membahas sejarah ditemukannya kartu dan hal-hal yang mungkin tidak diketahui orang awam seperti mengapa ada kartu As atau mengapa ada kartu king. Ngomong-omong, Anda yang ngaku jagoan main kartu, tahu nggak mengapa ada kartu jack? Hehehe.
Pemilik situs ini juga nggak terlalu pelit dengan "ilmunya". buktinya dia juga membagikan trik-trik yang biasa dimainkan orang secara gratis. Anda dapat mendownloadnya secara cuma-cuma dari situsnya.
Selain itu juga tersedia link ke situs-situs terkait seperti situs internasional playing card society (www.i-p-c-s.org). Eh, Anda nggak tahu ya, kalau ada organisasi pemain kartu dunia?
Bagaimana dengan hobi fotografi? Wah, yang ini lebih serius lagi. Silakan kunjungi situs www.thephotomarket.com. Di situs ini Anda dapat membeli photo hasil jepretan kamera si pemilik situs.
Anda hanya perlu mendaftar secara gratis untuk menjadi member situs ini, kemudian memilih foto-foto hasil jepretan kamera si pemilik situs. Sebagai contohnya, gambar beruang sedang berburu ikan salmon dijual dengan 4 macam harga berdasarkan ukuran gambarnya. Untuk ukuran kecil (1MB) dijual dengan harga US$ 29.95. Ukuran sedang (5MB) dijual dengan harga US$ 99.95. Sedangkan ukuran besar (12MB) dan extra besar (24MB) dijual dengan harga masing-masing US$ 129.95 dan US$ 199.95.

Anda juga harus mengetahui, bahwa untuk dunia fotografi, ada asosiasi profesional yang menjadi wadah berkumpulnya fotografer profesional, seperti American Society of Picture Professionals (www.aspp.com), National Press Photographers Association (www.nppa.org), dan Wedding Photo Journalist Association (www.wpja.org). WPJA adalah asosiasi yang menjadi tempat berkumpulnya fotografer khusus acara pernikahan dari seluruh dunia. Ada 2 fotografer dari Indonesia yagn menjadi anggota WPJA ini, yaitu Andreas Andrianto (www.artphoto-weds.com) dan Maxxi Mamiek (www.maxxiphotographybali.com).

Dengan menjadi anggota organisasi internasional, Anda dapat menetapkan tarif dalam US$ dan menerima order pekerjaan dari luar negeri. Seperti yang dialami oleh Andreas, berdasarkan situs www.wpja.org, Andreas memasang tarif US$ 1950 per paket pernikahan di luar biaya transportasi dan akomodasi untuk pasar internasional. Hmmm.....bukan uang yang sedikit bukan?

Matt York berhasil membangun kerajaan bisnis dari hobinya mengotak-atik handycam melalui situsnya www.videomaker.com. Cerita suksesnya mirip dengan cerita sukses www.tomshardware.com.

Tahun 1985, Matt mendirikan perusahaan York Publishing, Inc untuk menyalurkan hobi membuat videonya. Perusahaan ini menerbitkan majalah sederhana yang mengulas pembuatan video dengan teknologi kuno 8 mm dan VHS yang terbit 2 bulan sekali. Seiring berkembangnya teknologi, majalah video maker berubah menjadi referensi pembuatan video yang sangat digemari oleh kalangan pembuat film dan video rumahan di Amerika. Seperti www.tomshardware.com, Matt akhirnya meluncurkan situs www.videomaker.com yang mengulas camera-camera video yang dibuat oleh pabrikan dan menulis pendapatnya di situs tersebut. Saat ini, hampir semua perusahaan pembuat camera video mempercayakan Matt untuk mereview produknya dan mengulasnya secara mendalam di situsnya. Pembuat software video terkenal Adobe juga turut ambil bagian menjadi penyandang dana utama bagi Matt selain perusahaan pembuat camera video.

Anda penggemar robot, boneka, miniatur jagoan-jagoan dunia, atau mainan lainnya? Apakah Anda sudah bosan dengan koleksi anda yang begitu banyak? Anda pasti tidak pernah menyangka, bajwa ada orang yang mendapatkan banyak uang dari koleksi mainan milik orang lain.

Perry Mohney adalah seorang kolektor mainan selama 28 tahun. Hampir semua mainan dari berbagai macam tema dia koleksi. Begitu banyaknya koleksinya, baik koleksi miliknya pribadi, maupun koleksi milik orang lain yang diberikan kepadanya, sampai-sampai dia terpaksa menyediakan lahan seluas 1500 kaki persegi untuk menyimpan koleksi mainannya yang menggunung.

Berangkat dari kenyataan tersebut, 15 tahun yang lalu (tepatnya pada 1993) Perry mulai berpikir bagaimana menjadikan koleksi mainannya menjadi sumber penghasilan baginya sekaligus sumber kepuasan batin untuk hobinya. Perry mendirikan situs www.thetoyexchange.com untuk mewujudkan angan-angannya. Situs ini bukan situs e-commerce yang sarat teknologi, melainkan situs biasa-biasa saja, yang dapat dibuat oleh orang-orang yang minim pengetahuan membuat website sekalipun. Situs ini hanya memuat foto-foto koleksi mainan milik Perry dalam format tampilan yang sangat sederhana, disertai dengan keterangan di sana-sini. Di sinilah kecerdikan Perry terlihat. Dia menyadari bahwa dia bukan orang yang pintar memprogram sebuah situs yang secure. Dia juga bukan orang yang pandai mendesain sebuah tampilan situs yang menarik. Perry menjual koleksinya melalui situs lelang terkenal www.ebay.com.

Bukan tampilan situs yang dijual oleh Perry, melainkan lengkapnya koleksi mainan miliknya dan harga murah yang ditawarkannya. Dia memang tidak mengejar laba terlalu banyak. Buat Perry, asal mainannya berpindah tangan kepada orang-orang yang sehobi dengannya, hatinya sudah senang. Begitu lengkapnya koleksi mainan Perry, dan begitu luasnya jaringan kenalannya dengan sesama hobiis, maka Perry berani mengklaim, bahwa pengunjung akan menemukan mainan yang diinginkannya di situs miliknya. Jika pengunjung tidak menemukannya, maka Perry akan mencarikannya untuk pengunjung tersebut melalui teman-temannya sesama penggemar mainan. Perry adalah toy-maniac sejati!

Hal lain yang ingin ditunjukkan penulis adalah, bahwa dengan hobi Anda dan dengan bantuan internet, Anda dapat menghasilkan uang yang dapat Anda gunakan untuk apa saja. Memenuhi kebutuhan hidup Anda, meningkatkan taraf kesejahteraan keluarga Anda, atau membantu orang lain untuk hidup lebih baik dalam proyek-proyek kemanusiaan pun dapat Anda lakukan. Berikut ini salah satu contohnya, kunjungi situs www.chocaid.com. Situs ini didirikan oleh orang-orang yang memiliki hobi makan coklat. Namun seiring kenikmatan makan coklat yang mereka dapatkan, mereka jadi ingat bahwa di dunia lain, banyak sekali orang kelaparan. Jangankan untuk makan coklat yang lezat, untuk makan sehari-hari pun tidak bisa. Akhirnya mereka membuat situs dengan ide yang benar-benar brilian. Melalui situs www.chocaid.com, mereka berjualan coklat secara online. Paket-paket coklat itu tidak dibuat sendiri, melainkan dipesan ke pihak lain. Selain mendapatkan laba (sehingga pemasukan mereka bertambah), pengelola situs juga menyisihkan labanya untuk membiayai proyek-proyek kemanusiaan di seluruh dunia. Beberapa proyek yang saat ini sedang dibiayai mereka adalah proyek training dan pelatihan bagi petani-petani miskin di India, supaya mereka dapat mengolah tanah dengan lebih baik dan memberi pengetahuan tentang tanaman-tanaman yang multi guna. Proyek lain adalah proyek pengadaan sarana air bersih di Afrika. Semua itu dibiayai dari laba penjualan coklat yang dijual di toko online mereka. Sebuah langkah yang jarang dipikirkan oleh pebisnis di internet.

Potensi yang dapat digali dari hobi dengan bantuan internet sangat relatif. Semuanya tergantung dari motivasi kita dalam merancang model bisnis. Namun yang namanya hobi, hampir selalu mementingkan kepuasan batin dibanding besarnya pendapatan. Seperti yang terjadi pada Perry Mohney, dia lebih mementingkan kepuasan batin dan terjalinnya relasi, dibanding penghasilan yang didapatnya dari berjualan koleksi mainan. Namun dapat disimpulkan, bahwa uang yang dihasilkan Perry dari hobinya tidaklah sedikit. Ini dibuktikan dari eksistensi usahanya selama 13 tahun lebih. Di sisi lain, potensi penghasilan dari hobi dapat dimaksimalkan sedemikian rupa, jika dilandasi dengan manajemen dan model bisnis yang baik. Seperti yang dilakukan oleh www.chocaid.com, laba mereka dapat digunakan untuk membiayai proyek-proyek kemanusiaan di belahan bumi yang lain. Besarnya penghasilan situs ini tidak lepas dari minat pelanggannya yang notabene penggemar coklat untuk ikut berperan serta membantu sesama yang berkekurangan. Pendek kata, bisnis yang berasal dari hobi, dapat dikembangkan sejauh yang kita inginkan. Semuanya tergantung pada motivasi diri kita sendiri.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menginventaris, hobi apa yang Anda miliki. Semua orang pasti memiliki hobi bukan? Tapi ini belum cukup. Selanjutnya, Anda harus memeriksa, seberapa maniak Anda terhadap hobi Anda. Jika hanya sebatas suka, sebaiknya tinggalkan ide untuk berbisnis dari hobi di internet. Anda harus memiliki kadar maniak atau "addicted" dengan hobi Anda. Faktor ini yang akan membantu Anda melewati semua rintangan dalam berbisnis dari hobi di internet. Karena hati Anda selalu senang, sepi atau ramainya transaksi di situs Anda tergantung pada suasana hati Anda. Semangat Anda tidak naik turun berdasarkan jumlah uang yang masuk. Sebuah komentar singkatpun akan membuat semangat Anda meletup untuk lebih giat lagi mengelola situs, jika Anda memiliki kadar maniak terhadap hobi Anda.

Langkah berikutnya adalah menentukan model bisnis yang akan dibangun. Apakah menjual barang-barang yang berkaitan dengan hobi Anda, membuat situs yang mereview sesuatu yang berkaitan dengan hobi Anda (mengandalkan iklan dan sponsor), membangun situs komunitas sesama hobiis, atau model bisnis lainnya, misalnya donasi seperti yang dilakukan www.chocaid.com.

Jangan lupa, tentukan lingkup jangkauan situs Anda. Jika Anda bermaksud menjangkau sesama hobiis dari belahan dunia lain, gunakan bahasa Inggris sebagai bahasa situs Anda. Langkah terakhir adalah menyiapkan sistem pendukung, misalnya media forum, mailing list, payment gateway (untuk situs e-commerce), dan jangan lupa: PROMOSI!

Ini sangat menyenangkan. Tidak ada pekerjaan yang lebih menyenangkan dari hal ini. Anda mendapatkan kepuasan batin, kesenangan Anda tersalurkan, dan Anda mendapatkan penghasilan dari situ. Hidup yang sangat indah! Mulailah dari sekarang, tunggu apa lagi!


0 komentar:

Peluang Bisnis

Share It

bizhat.com

  © Blogger template 'Ultimatum' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP